Kick Starter Macet, Berikut Cara Mengatasinya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

20 Januari 2024 23:00 20 Jan 2024 23:00

Thumbnail Kick Starter Macet, Berikut Cara Mengatasinya Watermark Ketik
Kick starter pada motor bebek. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Kick starter atau starter kaki merupakan salah satu bagian dari sepeda motor yang berfungsi untuk menghidupkan mesin. Walaupun saat ini banyak motor yang sudah dilengkapi elektrik starter, namun keberadaan kick starter tetap penting, terutama saat kondisi aki sudah berumur.

Namun disamping itu, karena adanya elektrik starter keberadaan kick starter seringkali terlupakan. Bayangkan jika aki tekor dan elektrik starter tidak berfungsi, lalu kick starter juga tak bisa berfungsi maka mesin tak akan menyala.

Kick starter keras biasanya karena sudah berkarat. Menurut Suhendri mekanik Bagus Motor yang ada di Jl. Rorotan Cakung, Cilincing, Jakarta Utara, penyebab utama dari kick starter macet adalah jarang digunakan dan hinggapi kotoran.

"Biasanya karena kotoran menumpuk di per atau di area gir kick starter bagian dalam. Jadi bagian itu berkarat," ungkap Bang Hendri sapaan akrabnya.

Jika sudah keras, Hendri menghimbau untuk tidak memaksa menggunakan kick starter dengan sekuat tenaga. Karena nantinya dikhawatirkan kick starter akan patah. Jika sudah patah maka mau tak mau anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk mengganti dengan yang baru. 

"Efeknya nanti per kick starternya malah patah dan ngelos total tidak bisa dipakai sama sekali," tambahnya.

Oleh sebab itu jika macet maka cara mengatasinya adalah dengan membongkar blok mesin untuk motor bebek, atau blok cvt untuk motor matic. Lalu bersihkan bagian penghubung gir menggunakan kuas dan angin bertekanan tinggi (kompresor).Supaya semakin lancar dan tidak keras, jangan lupa olesi dengam gemuk pada gear penghubungnya agar tetap terlumasi.

Hindari penggunaan oli untuk mendapatkan hasil maksimal dan tak mengotori lantai saat melakukan membersihkan kick starter.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif Motor Kick starter pelumasan servis Elektrik starter