Kemenkes Buka Seleksi CPNS Capai 8.067 Formasi, Ini Informasi Lengkapnya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

27 Agustus 2024 07:09 27 Agt 2024 07:09

Thumbnail Kemenkes Buka Seleksi CPNS Capai 8.067 Formasi, Ini Informasi Lengkapnya Watermark Ketik
Ilustrasi CPNS. (Foto: Rihad Kumala/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI membuka Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2024 dengan total 8.607 formasi CPNS yang ditawarkan.

Kemenkes membutuhkan Tenaga Kesehatan sebanyak 6.837 formasi, tenaga teknis 1.592 formasi dan tenaga dosen 178 formasi. Dikutip dari situs Kemenkes, pendaftaran akan dibuka sampai dengan tanggal 6 September 2024

Pendaftaran dan Proses Seleksi

Pendaftaran CPNS Kemenkes 2024 dibuka mulai 20 Agustus 2024 pukul 17.08 WIB hingga 6 September 2024 pukul 23.59 WIB.

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id dan rincian formasi dapat dilihat di laman https://casn.kemkes.go.id

Persyaratan Administrasi CPNS Kemenkes 2024 Operator Layanan Kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Surat keterangan sehat asli dari dokter yang diterbitkan paling lambat 60 hari kalender sebelum menyelesaikan pendaftaran online (Wajib).
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm, sekurang-kurangnya menggunakan kemeja dengan latar belakang berwarna merah (Wajib).
  • Kartu Tanda Penduduk/Surat Keterangan dari Dukcapil/Bukti Identitas Kependudukan lainnya yang dipersyaratkan oleh Instansi (Wajib).
  • Surat Pernyataan yang sudah ditandatangani dan dibubuhi e-meterai (sesuai format pada lampiran pengumuman yang tercantum pada laman casn.kemkes.go.id) (Wajib).
  • Surat lamaran yang ditujukan kepada Menteri Kesehatan dan sudah ditandatangani serta dibubuhi e-meterai Rp10.000 (sesuai format pada lampiran pengumuman yang tercantum pada laman casn.kemkes.go.id) (Wajib).
  • Ijazah SMA/sederajat yang terdaftar di kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan dan/atau kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama (Wajib).
  • Transkrip/Daftar Nilai asli SMA/Sederajat (Wajib).

Persyaratan Khusus 

  1.  Lulusan Terbaik Pelamar lulusan terbaik berpredikat cumlaude harus berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A dan program studi terakreditasi A.
  2. Penyandang Disabilitas Harus menyertakan surat keterangan resmi dari dokter yang menjelaskan jenis dan derajat disabilitasnya, serta video yang menunjukkan kemampuan mobilisasi.
  3. Putra/Putri Kalimantan Dapat melamar dengan bukti KTP di wilayah Kalimantan
  4. Bagi lulusan dari perguruan tinggi luar negeri harus telah mendapat penyetaraan ijazah dan penyetaraan transkrip nilai konversi atas IPK ke skala 4,00 (apabila tidak menggunakan skala 4,00) dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi.
  5. Bagi pelamar jabatan fungsional kesehatan, memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) sesuai jabatan yang dilamar (bukan internsip) yang masih berlaku pada saat pelamaran, dibuktikan dengan tanggal masa berlaku yang tertulis pada STR dan diunggah pada laman https://sscasn.bkn.go.id, sesuai yang tercantum pada Lampiran II pengumuman ini (Keputusan Menteri PANRB Nomor 322 Tahun 2024 tentang Persyaratan STR untuk Melamar pada Jabatan Fungsional Kesehatan dalam Pengadaan ASN Tahun Anggaran 2024).
  6. Bagi PPPK yang melamar pada lowongan jenis pengadaan PNS, yang bersangkutan wajib memenuhi Masa Perjanjian Kerja minimal 1 (satu) tahun dan telah mendapatkan persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau Pejabat yang Berwenang (Pyb).
  7. Bagi pelamar dengan penempatan pada kantor pusat, bersedia dipindahkan secara bertahap ke Ibu Kota Nusantara (IKN) berdasarkan pemetaan prioritas kebutuhan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kemenkes CPNS 2024 pendaftaran CPNS persyaratan CPNS persyaratan administrasi CPNS