Kelebihan Suspensi Upside Down Dibanding Teleskopik

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

12 September 2024 07:20 12 Sep 2024 07:20

Thumbnail Kelebihan Suspensi Upside Down Dibanding Teleskopik Watermark Ketik
Contoh motor yang menggunakan suspensi upside down . (Foto: Dok. Honda)

KETIK, JAKARTA – Bagi anda pengendara motor, pasti pernah melihat motor adventure atau sport yang menggunakan suspensi upside down. Suspensi ini tidak hanya memberikan tampilan yang lebih gagah, tetapi juga menawarkan sejumlah keunggulan dalam hal performa berkendara.

Suspensi upside down adalah jenis suspensi depan yang tabung tabung dalam (inner tube) berada di atas dan tabung luar (outer tube) berada di bawah. hal ini berbanding terbalik dengan suspensi depan biasa yang tabung dalamnya berada di bawah dan tabung luarnya berada di atas.

Dilansir dari Suara.com jaringan media nasional Ketik.co.id, Danang Priyo Kumoro, Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta mengatakan penggunaan suspensi upside down pada motor sport atau adventure memiliki tujuan tertentu, yakni memberikan handling lebih baik.

"Dengan begitu konsumen bisa menikmati performa handling yang baik di motor kelas 150 cc," kata Danang, Rabu 11 September 2024.

Tidak hanya memberikan handling yang lebih baik saat dikendarai, Suspensi upside down juga memberikan yang lebih gagah dan membuat motor terlihat agresif. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri pengendara saat melaju di jalanan.

"Suspensi model ini menghadirkan tampilan yang semakin gagah dan sporty dibandingkan dengan model teleskopik," tambahnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini kami rangkum beberapa kelebihan suspensi upside down: 

Handling Lebih Stabil: Desain upside down dengan tabung atas yang lebih besar memberikan kekakuan yang lebih tinggi, sehingga motor menjadi lebih stabil saat menikung dan melaju kencang.

Redaman Lebih Baik: Suspensi upside down mampu meredam getaran dan guncangan dengan lebih baik, sehingga memberikan kenyamanan berkendara yang lebih tinggi.

Tampilan Lebih Sporty: Desainnya yang unik dengan tabung dalam di bagian atas membuat tampilan motor lebih berkarakter dan menjadi pusat perhatian.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif Motor Sport Motor Adventure Suspensi Upside down Teleskopik Handling