Joe Biden Umumkan Tak Maju Lagi di Pilpres AS, Ini Alasannya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

22 Juli 2024 03:03 22 Jul 2024 03:03

Thumbnail Joe Biden Umumkan Tak Maju Lagi di Pilpres AS, Ini Alasannya Watermark Ketik
Presiden Petahana Joe Biden. (Foto: Akun X @JoeBiden)

KETIK, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat 2021-2024 Joe Biden mengumumkan mengundurkan diri dari pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) 2024 yang bakal digelar pada 5 November mendatang.

Kabar tersebut dia sampaikan melalui media sosialnya di X @JoeBiden. Presiden AS ke-46 itu mengatakan ini merupakan keputusan terbaik bagi Partai Demokrat selaku partai pengusungnya dan juga bagi negara.

"Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk melayani sebagai presiden Anda. Meskipun niat saya adalah untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin demi kepentingan partai dan negara, saya mundur dan hanya memenuhi tugas sebagai presiden selama sisa masa jabatan adalah yang terbaik," ucap Biden.

Biden kemudian memastikan akan berbicara secara mendetail kepada publik tentang pengunduran dirinya pada minggu ini.

Presiden berusia 81 tahun itu juga tidak lupa memberikan apresiasi kepada Kamala Harris yang telah mendampinginya sebagai Wakil Presiden AS selama masa jabatannya.

"Saya ingin berterima kasih kepada Wakil Presiden Kamala Harris karena telah menjadi mitra yang luar biasa dalam semua pekerjaan ini," sebutnya.

Penyebab Biden Mundur

Pengunduran diri Biden dari Pilpres AS telah lama diperkirakan sebelumnya. Kabar resmi ini akhirnya datang secara mendadak, beberapa hari usai Biden dinyatakan terjangkit Covid-19 dan tengah beristirahat di Delaware.

Biden mundur juga terjadi lebih dari sepekan usai Donald Trump menjadi sasaran penembakan saat kampanye di Pennsylvania pada Sabtu (13/7/2024) lalu. Trump telah resmi diusung oleh Partai Republik untuk maju di Pilpres AS.

Setelah debat dengan Donald Trump, elektabilitas Biden berada di angka 43 persen, dibandingkan Trump yang sejauh ini meraup 46 persen dukungan dalam jajak pendapat.

Usai pengumuman ini, Biden mengatakan akan menyampaikan sikap resminya secara terperinci di depan publik akhir pekan ini.

"Saya akan berbicara di depan publik akhir minggu ini secara rinci tentang keputusan saya," kata Biden.

"Untuk saat ini, izinkan saya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk melihat saya terpilih kembali," imbuhnya.

Untuk diketahui, Biden sedang positif Covid-19 sejak Rabu (17/7/2024). Dia pun sedang dalam masa pemulihan di rumahnya yang berada di Pantai Rehoboth, Delaware.

"Dia membacakan surat itu kepada kami dan ingin kami memahami pemikirannya. Dia mengatakan telah bergumul soal surat itu selama 48 jam terakhir," ujar sumber dari Gedung Putih itu dilansir dari Time. (*)

Tombol Google News

Tags:

Joe Biden Pilpres Amerika alasan Joe Biden mundur Presiden Amerika Donald Trump