Intip! Sosok Owner Bakso Sunda yang Terkenal di Masjid Nabawi Madinah, Orang Indonesia?

Oleh: Kiagus Firdaus

23 Oktober 2023 11:24 23 Okt 2023 11:24

Thumbnail Intip! Sosok Owner Bakso Sunda yang Terkenal di Masjid Nabawi Madinah, Orang Indonesia? Watermark Ketik
Omar (kiri) Owner Warung Sunda di Madinah saat bersama seluruh karyawannya yang berasal dari Jawa Barat. (Foto: Kiagus Firdaus/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Lagi viral di dekat Masjid Nabawi Madinah ada Warung Bakso Sunda. Bagi jamaah umroh dan haji Indonesia yang sudah berada di Madinah, pasti tahu warung ini.

Biasanya jamaah Indonesia yang sudah beberapa hari berada di Madinah dan sudah bosan dengan makanan hotel pasti kangen dengan jajanan khas Indonesia.

Di sela beribadah sambil menunggu jadwal shalat lima waktu, para jamaah Indonesia biasanya mulai hunting oleh-oleh lanjut capek cari kuliner dan ini ciri jamaah Indonesia pada umumnya sewaktu di Madinah.

Jajanan seperti bakso, mie ayam, nasi campur, onde-onde, bala-bala, risol, mie goreng, es teh, cendol hingga es cincau ada di warung ini.

Bahkan artis Anang-Ashanty, Rizky Billar, Jessica Iskandar pernah berkunjung ke warung bakso sunda ini. Termasuk Anies Baswedan dan UAS pun pernah ke warung Bakso Sunda yang jaraknya hanya 100 meter dari Masjid Nabawi.


Foto Jurnalis Ketik saat bersama Omar dan seluruh karyawan Warung Sunda di Masjid Mabawi Madinah.Jurnalis Ketik saat bersama Omar dan seluruh karyawan Warung Sunda di Masjid Mabawi Madinah.

Nah jurnalis Ketik.co.id yang saat ini, Senin (23/10/2023) sedang menjalankan umroh berkesempatan mengunjungi warung bakso tersebut dan bertemu langsung dengan ownernya.

Namanya Omar. Pria asli Madinah ini merupakan salah satu owner dari 2 orang. Satunya bernama Abdulrahman.

Ketika saya mencoba memesan bakso langsung dilayani sosok pria yang ramah dan murah senyum, pria tersebut dengan sedikit faseh bilang mau pesan apa mas?

Dengan kaget saya lantas menjawab "saya pesan bakso dan es teh tawar"

Seketika bakso dan es tehnya datang. Saya duduk dengan nyaman sambil melihat pengunjung yang ramai membeli makanan khas Indonesia dengan pesan menggunakan bahasa Indonesia seoalah-olah kita sedang berada di tanah air.

Menurut Omar, warung yang berdiri tahun lalu, tepatnya pasca pandemi setelah umroh haji diizinkan kembali oleh pemerintah Arab Saudi, pengusaha muda Madinah ini melihat potensi bisnis yang tepat adalah food & beverage.

"Peluang bisnis terbesar dengan market pasar orang Indonesia yang datang ke Madinah," ucap Omar. 


Foto Jurnalis Ketik saat mencoba bakso dan bala-bala di warung sunda Masjid Nabawi Madinah.Jurnalis Ketik saat mencoba bakso dan bala-bala di warung sunda Masjid Nabawi Madinah.

Ketika buka rumah makan, dia mencari satu chef asal Indonesia untuk menjaga kenikmatan cita rasa khas Indonesia dan mendapatkan juru masak orang sunda asli. Tak butuh waktu lama untuk menentukan nama restorannya, Omar pun memberi nama Warung Sunda.

Nama warung sunda yang mudah dihafal dan pasti melekat ada emosional asli Indonesia inilah yang membuat Omar yakin.

Bisnisnya mulai sukses dan ramai. Mulai pertama buka satu warung, sukses dan ramai pengunjung bahkan pengunjung rela antre lama untuk memesan satu porsi bakso.

Foto Omar, Owner Warung Sunda saat menunjukkan beberapa kiosnya yang baru di pelataran kuliner Masjid Nabawi Madinah.Omar, Owner Warung Sunda saat menunjukkan beberapa kiosnya yang baru di pelataran kuliner Masjid Nabawi Madinah.

Untuk itu, pihaknya membuka satu cabang lagi yang jaraknya tidak jauh dari lokasi pertama. Dua-duanya dekat dari Masjid Nabawi. Kamu bisa lewat pintu 333 atau pintu 330.

"Saya bersyukur terima kasih warga Indonesia yang sudah makan dan menikmati di warung saya. Chef asli sunda dan karyawan juga dari Indonesia. Bahan baku, bumbu dan rempah-rempah dari Indonesia," jelas Omar.

Warung sunda dengan menu khas bakso ini didukung dengan lokasi yang sangat dekat dari Masjid Nabawi.

Ini warung yang pertama kali jualan sajian khas Indonesia di Madinah. Harga murah, rasa enak dan tidak murahan. Wajib dicoba saat umroh dan haji. (*)

Tombol Google News

Tags:

Warung Sunda Bakso Sunda Madinah Kuliner Indonesia terdekat Masakan indonesia di madinah Umroh Masjid Nabawi Nabawi sunda Bakso di Madinah haji Madinah Kuliner di Madinah