Inilah Beragam Dampak Negatif Jika Jarang Ganti Oli Gardan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

3 April 2024 10:13 3 Apr 2024 10:13

Thumbnail Inilah Beragam Dampak Negatif Jika Jarang Ganti Oli Gardan Watermark Ketik
Ilustrasi mengganti oli gardan. (Foto: dok. Yamaha)

KETIK, JAKARTA – Mungkin sudah banyak pengendara motor yang mengetahui jika oli mesin merupakan salah satu komponen penting dalam perawatan motor. Oli mesin berguna untuk melumasi komponen didalam mesin untuk mengurangi gaya gesekan. 

Akan tetapi tahukah anda selain oli mesin, terdapat oli gardan yang tersembunyi dan memiliki fungsi yang tak kalah penting. Oli gardan biasanya terdapat pada motor matic.

Oli gardan ini berguna melumasi gir dan komponen penting lainnya pada sistem transmisi motor Anda. Fungsinya memastikan perpindahan gigi halus dan responsif, terutama pada motor matic.

Oli gardan biasanya harus diganti setiap 8000 kilometer sekali, jika tidak diganti maka akan berakibat buruk pada komponen transmisi yang ada di motor matic.

Berikut ini kami ulas komponen negatif jika anda jarang mengganti oli gardan pada motor matic.

1. Membuat motor tidak bertenaga

Seperti yang kita ketahui jika fungsi utama oli untuk melumasi dan mengurangi gaya gesekan yang terjadi pada komponen mesin. Begitu pula oli gardan, jika tidak diganti akan terjadi gesekan berlebihan yang berakibat tarikan motor jadi berat dan terasa kurang bertenaga.

2. Seal rentan bocor

Oli gardan juga berfungsi menjaga seal agar tetap rapat. Kalau olinya kotor dan tak bisa melumasi dengan baik, seal bisa jadi getas dan bocor. Ini bisa membuat oli gardan berkurang dan komponen gardan jadi rusak. Jika komponen gardan sudah rusak maka anda harus merogoh kocek yang dalam untuk memperbaikinya.

3. Overheating 

Oli yang lama tidak diganti memiliki daya serap panas yang rendah, akibatnya komponen gardan didalamnya akan mengalami kenaikan suhu hingga overheating. Overheating sendiri adalah suatu kondisi dimana komponen mesin mengalami panas berlebihan. Hal ini tentu saja dapat merusak komponen gardan.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif Motor matic Oli Gardan komponen mesin gesekan Overheating