Ini Kebiasaan yang Menyebabkan AC Mobil Bekas Tidak Dingin

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

17 Januari 2024 09:30 17 Jan 2024 09:30

Thumbnail Ini Kebiasaan yang Menyebabkan AC Mobil Bekas Tidak Dingin Watermark Ketik
Ilustrasi AC Mobil. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Memiliki mobil bekas yang sudah berumur, tentu harus rutin menjalani perawatan agar dapat berfungsi normal. Salah satu bagian yang sering bermasalah pada mobil bekas adalah AC yang tidak dingin.

Penyebab AC tidak dingin sebenarnya bisa berasal dari banyak hal baik teknis maupun non-teknis. Selain itu beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh pengendara bisa menjadi penyebab AC tidak dingin.

Berikut ini kami ulas beberapa kebiasaan yang sering dilakukan pemilik mobil bekas yang membuat AC tidak dingin.

1. Jarang membersihkan filter AC

Filter AC merupakan salah satu komponen yang bertugas untuk membersihkan kotoran di udara kabin. Jika filter tidak pernah dibersihkan maka kotoran akan menumpuk dan membuat AC tidak bisa bekerja maksimal karena mampet. Oleh sebab ada baiknya untuk rutin membersihkan filter AC agar udara kabin bisa cepat dingin.

2. Membiarkan kaca terbuka

Saat AC dlsedang menyala, dan jendela mobil masih terbuka, hal tersebut dapat menyebabkan Debu dan kotoran ini masuk ke kabin dan ikut bersirkulasi di dalam sistem pendingin kabin.

Kemudian kotoran dan debu ini berakhir dengan mengendap di evaporator. Jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan evaporator menjadi berlendir dan AC menjadi tidak dingin.

3. Jarang membersihkan karpet

Seperti yang kita tahu jika karpet mobil merupakan salah satu bagian mobil yang cepat kotor karena sering diinjak oleh pengendara dan juga penumpang.

Kotoran yang menempel di karpet akan masuk ke filter dan bisa membuat AC menjadi mampet.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif AC mobil bekas Perawatan Filter AC Evaporator