Haru Selimuti Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III 2024, Dandim 0732/Sleman Cium Tangan Penerima Bantuan

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: M. Rifat

23 Agustus 2024 03:12 23 Agt 2024 03:12

Thumbnail Haru Selimuti Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III 2024,  Dandim 0732/Sleman Cium Tangan Penerima Bantuan Watermark Ketik
Tanpa diduga dengan santun Dandim 0732/Sleman Letkol Inf Mohammad Zainollah mencium tangan (salim) dengan penerima bantuan RTLH, Kamis 22 Agustus 2024. (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol Inf Mohammad Zainollah, S Hub Int MM secara resmi menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III TA 2024. Acara dilaksanakan Kodim 0732/Sleman di Kalurahan Sumberagung, Kapanewon Moyudan, Kabupaten Sleman. Sementara seremoni penutupan dilakukan di lapangan Ngentak Sumberagung Moyudan Sleman Kamis, 22 Agustus 2024.

Dalam kesempatan ini Dandim 0732/Sleman Letkol Zainollah mengungkapkan TMMD merupakan bukti sinergi antarlembaga dan lintas sektoral di kabupaten Sleman. Dia berharap sinergi tersebut selalu diwujudkan dan dilanjutkan terus menerus dalam berbagai hal.

Dijelaskan Letkol Inf Mohammad Zainollah, sinergi antara Kodim 0732/Sleman dengan Pemerintah dibantu Polri dan masyarakat dapat terus berlangsung dengan baik.Sedangkan sasaran kegiatan TMMD tahap III yang berlangsung mulai 24 Juli sampai 22 Agustus 2024 ini meliputi pembangunan fisik dan non-fisik. Sedangkan dana pelaksanaan TMMD Tahap III ini berasal dari anggaran APBD DIY dan APBD Kabupaten Sleman dengan total Rp 450.000.000.

"Tuntasnya pembangunan Talud jalan sepanjang 200 meter. Kemudian talud irigasi sepanjang 400 meter. Serta 2 unit RTLH di Kapanewon Moyudan merupakan bukti bahwa sinergi dapat terwujud dan bisa dilanjutkan secara terus menerus," ungkapnya.

Usai upacara penutupan, Dandim 0732/Sleman Letkol Inf Mohammad Zainollah didampingi Kasdim 0732/Sleman Mayor Arm Ronang Sasiarto serta unsur OPD terkait dari Pemkab Sleman meninjau  lokasi sasaran pembangunan fisik TMMD.

Yakni berupa pembuatan talud jalan, pembuatan saluran irigasi, serta pembangunan dua unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang ada di Padukuhan Kaliduren II Kalurahan Sumberagung, Kapanewon Moyudan Sleman.

Foto Kehadiran Dandim 0732/Sleman Letkol Inf Mohammad Zainollah, S Hub Int MM, dilokasi TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2024 disambut meriah dan antusias oleh puluhan murid TK ABA Kaliduren dan SDN Kaliduren, Moyudan yang telah menunggu berjejer rapi di kanan kiri jalan. (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)Kehadiran Dandim 0732/Sleman Letkol Inf Mohammad Zainollah, S Hub Int MM, dilokasi TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2024 disambut meriah dan antusias oleh puluhan murid TK ABA Kaliduren dan SDN Kaliduren, Moyudan yang telah menunggu berjejer rapi di kanan kiri jalan. (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

Kehadiran Letkol Inf Mohammad Zainollah yang baru menjabat Dandim 0732/Sleman pada 9 Agustus 2024 dan rombongan disambut meriah dan antusias puluhan murid TK ABA Kaliduren dan SDN Kaliduren yang telah menunggu berjejer rapi di kanan kiri jalan.

Sembari mengibarkan bendera merah putih dan menyanyikan lagu perjuangan, para murid ini mengucapkan selamat datang kepada Dandim 0732/Sleman yang baru ini.

Begitupun sebaliknya. Sesaat usai turun dari mobil tanpa rasa canggung Letkol Inf Mohammad Zainollah langsung berjalan serta menyalami dan menyapa satu per satu para murid tadi menuju ruas jalan yang menjadi sasaran program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III TA 2024.

Di tempat ini Dandim 0732/Sleman melakukan pemotongan pita menandai peresmian jalan tersebut secara simbolis. Selanjutnya Dandim yang berbadan kekar ini melakukan peninjauan lokasi pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Cium Tangan Penerima RTLH

Sampai RTLH yang dibangun secara gotong-royong oleh Satgas TMMD Kodim 0732/Sleman beserta masyarakat, Letkol Inf Mohammad Zainullah juga bertemu langsung dengan Suratilah (85) selaku penerima manfaat.

Tanpa diduga, saat itu dengan santun Letkol Inf Mohammad Zainollah mencium tangan (salim) orang tua tersebut. Spontan kejadian ini menarik perhatian rombongan dan warga yang ada.

Dengan suasana haru dan penuh keakraban Suratilah didampingi anaknya mengaku bersyukur mendapatkan bantuan rumah yang lebih layak huni dari TNI.

Foto Dandim 0732/Sleman Letkol Inf Mohammad Zainollah dan Sekda Sleman Susmiarto dalam rangkaian upacara penutupan TMMD  Sengkuyung Tahap III TA 2024, Kodim 0732/Sleman. (Foto: Pendim 0732/Sleman/Ketik.co.id)Dandim 0732/Sleman Letkol Inf Mohammad Zainollah dan Sekda Sleman Susmiarto dalam rangkaian upacara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2024, Kodim 0732/Sleman. (Foto: Pendim 0732/Sleman/Ketik.co.id)

Dalam kesempatan ini Letkol Inf Mohammad Zainollah mengaku bersyukur program ini berlangsung dengan baik. "Selaku Komandan Kodim saya merasa cukup puas dengan apa yang dikerjakan oleh anggota termasuk yang bersinergi dengan masyarakat," jelasnya.

Ia tambahkan, mengingat ke depan tantangannya tidak semakin mudah, untuk itu keberadaan Kodim Sleman menurut Letkol Inf Mohammad Zainollah harus sesuai yang digaungkan oleh Kasad saat ini.

"Bahwa di manapun kita berada kita harus menjadikan solusi, kita harus membawa manfaat bagi masyarakat. Apapun kesulitan masyarakat kita harus siap," ungkapnya.

Ia tambahkan hal tersebut sudah menjadi komitmennya bahkan sudah siap melayani dengan hati. Ke depan kerja sama Kodim 0732/Sleman dengan OPD, masyarakat maupun Kepolisian siap bahu membahu mengatasi kesulitan masyarakat.

Mengakhiri keterangannya, Dandim 0732/Sleman kembali berharap hasil pembangunan TMMD tersebut dapat dimanfaatkan dan dinikmati masyarakat meningkatkan kesejahteraan mereka. (*)

Tombol Google News

Tags:

TMMD Sengkuyung tahap III Ta.2024 Kodim 0732/Sleman Dandim 0732/Sleman Letkol Inf Mohammad Zainollah Penutupan TMMD Moyudan Pemkab Sleman Pendim 0732/ Sleman Penrem 072/Pamungkas Dispenad