Eksotika Pantai Maluk di Sumbawa Barat, Kerap Dikunjungi Peselancar Dalam dan Luar Negeri

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

21 Juni 2024 23:20 21 Jun 2024 23:20

Thumbnail Eksotika Pantai Maluk di Sumbawa Barat, Kerap Dikunjungi Peselancar Dalam dan Luar Negeri Watermark Ketik
Peselancar menikmati Pantai Maluk di Sumbawa Barat (Foto: Pesona Indonesia)

KETIK, SUMBAWA BARAT – Pantai Maluk terletak di Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat ibarat mutiara tersembunyi, berkat keindahan alamnya. 

Pantai ini berada sejauh 32 km dari ibu kota Kabupaten Sumbawa Barat yaitu Taliwang.

Hamparan pasir putih membentang dari ujung utara sampai ujung selatan, bukit tinggi menjulang dari ujung ke ujung, desiran ombak kecil nampak jelas membasahi bibir pantai menambah keindahan Pantai Maluk. 

Kemilauan Pantai Maluk dengan air laut berwarna biru semakin mempercantik eksotika pantai yang berada di ujung Sumbawa Barat ini.

Foto Keelokaan Pantai Maluk di Sumbawa Barat (Foto: Pesona Indonesia)Keelokaan Pantai Maluk di Sumbawa Barat (Foto: Pesona Indonesia)

Ombak di Pantai Maluk sangat cocok untuk dijadikan sebagai olahraga surfing atau selancar. Itu karena pantai ini berada di sebuah teluk. 

Banyak peselancar profesional dari dalam dan luar negeri yang sengaja datang untuk main surfing. Mereka ke sini untuk menjajal ombak Pantai Maluk.

Ombak di pantai ini diberi julukan sebagai “Super Suck”. Hal ini karena ombak pantai terpecah oleh sebuah tanjung yang diberi nama Tanjung Ahmad oleh warga sekitar. 

Ombak ini pecah dan menggulung hingga ketinggian 2 meter. Pantas saja jika pantai ini disebut sebagai surganya para peselancar.

Fasilitas di Teluk Maluk ini nampak sudah tertata rapi, ada beberapa warung makan dengan menu utamanya adalah olahan hasil laut. 

Toilet pun sudah bersih namun jumlahnya masih minim sekali. Mushola, bangku-bangku buat duduk di pinggir pantai, penyewaan kano dan papan surfing, namun belum terlihat adanya pancuran bilas bila kita selesai bermain di laut.

Pembangunan fasilitas-fasilitas umum yang ada di pantai ini tidak terlepas dari campur tangan PT. Newmont Nusa Tenggara (NNT). 

Perusahaan inilah yang mulai memberdayakan masyarakat sekitar pantai untuk lebih peduli lagi terhadap pantai Maluk. Posisi Pantai Maluk sudah ditandai dalam Google Maps. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Pantai Maluk Sumbawa Barat Indah Peselancar luar negeri