Duet Risma-Ipin Siap Tarung Lawan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Naufal Ardiansyah

27 Agustus 2024 11:19 27 Agt 2024 11:19

Thumbnail Duet Risma-Ipin Siap Tarung Lawan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024 Watermark Ketik
Duet Risma-Ipin yang digadang-gadang bakal berkontestasi di Pilgub Jatim. (Foto: Tim Ketik co.id)

KETIK, SURABAYA – Pilgub Jatim berpotensi tidak akan terjadi kotak kosong di Pilkada Serentak 2024, karena pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak hampir dipastikan bakal melawan calon dari PDIP yaitu Tri Rismaharini-Mochamad Nur Arifin Syah atau Risma-Gus Ipin.

"Info terkini dari internal PDIP, calon yang diusung untuk melawan Khofifah-Emil adalah Risma-Ipin," ungkap sumber terpercaya itu pada Ketik.co.id, Selasa, 27 Agustus 2024. 

Sumber internal PDIP itu juga menyebutkan nama Risma sudah mengerucut, mengenai pasangannya digadang-gadang dengan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin).

Diungkapkan Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPD PDIP Jatim, Said Abdullah berharap agar Risma bisa segera dideklarasikan. Artinya penantang Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak itu bisa didaftarkan.

“Mudah-mudahan sebagai kader, sebagai ketua DPD Jawa Timur, saya berharap besok sudah bisa diumumkan oleh DPP Partai,” kata Said.

“Kalau Jawa Timur Ibu Risma insyaallah confirmed,” sambungnya.

Namun Said masih belum mengungkap secara gamblang tentang siapa pendamping Mensos RI Risma, yang juga Mantan Wali Kota Surabaya. 

Selain nama Risma yang mencuat, ada kader PDIP lainnya misalnya Abdullah Azwar Anas yang merupakan Menpan RB dan juga Mantan Bupati Banyuwangi, namun nama Risma yang terkuat. 

Nama Risma mengerucut karena memiliki sepak terjang yang hebat. Tri Rismaharini lebih dikenal sebagai Risma adalah seorang politikus Indonesia dari PDIP yang terkenal karena kiprahnya sebagai Wali Kota Surabaya.

Ia lahir pada 20 November 1961 di Kediri, Jawa Timur. Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya selama dua periode, dari tahun 2010 hingga 2020.

Selama masa jabatannya, ia dikenal karena reformasi besar dalam infrastruktur kota, peningkatan kualitas pelayanan publik, serta usaha memperbaiki lingkungan dengan memperbanyak ruang hijau dan taman kota.

Risma juga dikenal dengan pendekatannya yang langsung dan hands-on dalam menangani isu-isu kota, sering turun langsung ke lapangan untuk menginspeksi pekerjaan atau berinteraksi dengan warga.

Pada akhir 2020, Risma diangkat sebagai Menteri Sosial dalam Kabinet Indonesia Maju di bawah Presiden Joko Widodo, menggantikan Juliari Batubara.

Sebagai Menteri Sosial, Risma bertanggung jawab atas berbagai program kesejahteraan sosial dan penanggulangan kemiskinan di Indonesia.

Untuk pasangan Risma di Pilgub Jatim 2024, Mochamad Nur Arifin lahir pada 7 April 1990, di Surabaya, Jawa Timur. Beliau menjabat sebagai Bupati Trenggalek sejak 28 Mei 2019, yang menggantikan posisi Emil Dardak karena dilantik menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur pada 12 Februari 2019. 

Namun sebelum itu, Gus Ipin juga pernah menjabat sebagai wakil bupati pada tahun 2016-2019 mendampingi Emil.

Gus Ipin juga menjabat sebagai ketua DPC PDI Perjuangan kabupaten Trenggalek periode 2019-2024. Ia ditunjuk sebagai ketua oleh DPP PDIP dalam Konferensi Cabang serentak di Madiun pada 7 Juli 2019. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pilgub Jatim pilkada serentak Pilkada 2024 Tri Rismaharini Risma Risma-Ipin PDIP Bupati Trenggalek