DPRD Setor Tiga Calon Pj Wali Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Marno

9 Agustus 2023 12:51 9 Agt 2023 12:51

Thumbnail DPRD Setor Tiga Calon Pj Wali Kota Malang Watermark Ketik
Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika (foto: Lutfia/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – DPRD Kota Malang telah mengirimkan tiga nama calon Penjabat (Pj) Wali Kota Malang pada Selasa (8/8/2023) lalu. DPRD Kota Malang pun mendapat instruksi dari Kemendagri yang dikirim bersama dengan tanda terima. 

 Ketua DPRD Kota Malang Made Riandiana Kartika menjelaskan bahwa sekretaris dewan harus siap menghadap ke kemendagri bersama calon Pj jika mendapatkan panggilan.

"Ada pesan jika sewaktu-waktu calon Pj dipanggil, Sekwan harus siap menghubungi. Mungkin akan dilakukan fit and proper tes tapi disampaikan tidak perlu didampingi ketua DPRD. Cukup sekwan yang mendampingi calon yang bersangkutan supaya tidak ada intervensi mungkin," jelas Made pada Rabu (9/8/2023).

Made mengkonfirmasi bahwa tim sekwan telah memastikan semua langkah pengajuan calon Pj Wali Kota Malang berjalan dengan baik. Termasuk berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya.

"Surat pengusulan Pj Wali Kota Malang hari selasa kemarin sudah diterima kemendagri dan Provinsi Jawa Timur. Tanda terima juga sudah kita dapatkan," sebutnya.

Perlu diketahui bahwa ketiga nama calon Pj Wali Kota Malang yang diusulkan ialah Erik Setyo Santoso selaku Sekretaris Daerah Pemkot Malang, Wahyu Hidayat selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, dan Diah Ayu Kusuma Dewi yang kini menjabat sebagai Asisten 2 Setda Kota Malang.

Sebelumnya, DPRD Kota Malang telah menjaring lima nama calon yang akan diseleksi lagi menjadi tiga nama. Namun dari lima calon terdapat dua calon yang mengundurkan diri sehingga tersisa tiga nama. DPRD Kota Malang kemudian menunjuk Wahyu Hidayat untuk masuk dalam daftar nama calon Pj yang akan diseleksi. 

Setelah 10 kali melakukan rapat, akhirnya pada keputusan final terpilihlah tiga nama tersebut untuk dicalonkan ke Pemerintah Pusat.

Menurut Made seluruh proses tersebut menunjukkan komitmen DPRD Kota Malang untuk turut serta menentukan bakal calon Pj Wali Kota Malang.

"Kita tunggu saja, hari ini kan terakhir pengusulan baik bagi pemprov maupun kemendagri. Saya juga belum tahi siapa yang diusulkan oleh provinsi maupun kemendagri terkait calon Pj Wali Kota Malang. Tapi kami sudah mengirimkan nama calonnya kemarin," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Calon Pj Wali Kota Malang Kota Malang pj wali kota DPRD Kota Malang