Dorong Inovasi AI Berkelanjutan, Qualcomm Jalin Kerja Sama dengan Meta

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

24 April 2024 13:27 24 Apr 2024 13:27

Thumbnail Dorong Inovasi AI Berkelanjutan, Qualcomm Jalin Kerja Sama dengan Meta Watermark Ketik
AI Meta Llama 3. (Foto: Qualcomm Technologies)

KETIK, JAKARTA – Qualcomm Technologies, Inc. dan Meta mengumumkan kolaborasi terbaru untuk mengoptimalkan kemampuan pengoperasian secara langsung large language models (LLMs) pada model AI Meta Llama 3 di smartphone, PC, VR/AR, kendaraan, dan lain-lain.

Kemampuan ini menawarkan berbagai keuntungan yang signifikan, termasuk keunggulan respon perangkat, privasi yang ditingkatkan, keandalan yang lebih baik, dan pengalaman yang lebih terpersonalisasi bagi pengguna.

Menurut Durga Malladi, Senior Vice President and General Manager of Technology, Qualcomm Technologies, Inc, melalui kerja sama ini para developer dapat mengakses berbagai sumber daya dan tools dalam Qualcomm AI Hub untuk menjalankan model AI Llama 3 secara optimal di platform Snapdragon.

Kerja sama tersebut sekaligus mengurangi jarak waktu pengembangan hingga rilis dan memungkinkan berbagai pemanfataan AI pada perangkat.

“Kami menyambut baik keterbukaan Meta dengan model AI Meta Llama 3, dimana kami memiliki komitmen yang sejalan untuk memberdayakan para developer dan mendorong inovasi AI yang berkelanjutan,” kata Durga dalam keterangan tertulis.

Lebih lanjut, kolaborasi Qualcomm dan Meta bertujuan mendemokratisasi kemampuan AI generatif dengan mendorong peran OEM dan developer dalam membuat model AI Llama 3 sehingga dapat diakses langsung dari perangkat yang ditenagai oleh berbagai platform flagship Snapdragon.

Qualcomm Technologies dan Meta berkomitmen mendorong inovasi dan menghadirkan pengalaman AI generasi berikutnya. 

"Upaya ini menjadi tonggak penting dalam kolaborasi kedua belah pihak seraya menunjukkan dedikasi mereka dalam memberdayakan para developer dan users dengan kemampuan AI yang bertenaga," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi Qualcomm Technologies Meta Kerjasama AI Developer