Diresmikan Jokowi Besok, RS Vertikal Surabaya Miliki Layanan Super Hub

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

5 September 2024 11:02 5 Sep 2024 11:02

Thumbnail Diresmikan Jokowi Besok, RS Vertikal Surabaya Miliki Layanan Super Hub Watermark Ketik
Desain Rumah Sakit Vertikal Surabaya. (Foto: Tangkapan Layar Youtube BIMWIKA)

KETIK, SURABAYA – Presiden RI Joko Widodo melaksanakan akan kunjungan kerja di Surabaya dan Sidoarjo. Selama dua hari, ada beberapa tempat yang bakal disambangi Jokowi, termasuk meresmikan Rumah Sakit Vertikal Surabaya pada 6 September 2024.

RS Vertikal Surabaya merupakan proyek dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Rumah sakit ini nantinya akan diarahkan sebagai center of excellence untuk pelayanan jantung, stroke, dan kanker.

Lokasi pembangunan RS UPT Vertikal Kementerian Surabaya ini berada di Jalan Indrapura Nomor 17, Kelurahan Kemayoran, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, dengan total luas lahan 5,24 hektare.

Gedung RS UPT Vertikal Kemenkes ini akan memiliki empat tower atau gedung yang terdiri atas tower A sebagai medical center atau gedung utama, tower B untuk spesialis jantung, tower C untuk spesialis otak, dan tower D untuk spesialis kanker.

RS Vertikal ini merupakan wujud transformasi layanan kesehatan yang mencakup transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan.

RS Vertikal juga untuk mendukung program Kemenkes dalam mempercepat pemerataan pelayanan rumah sakit. RS ini akan menjadi pendatang baru dari 408 rumah sakit yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Pembangunan RS UPT Vertikal ini merupakan Program Prioritas Nasional Bidang Kesehatan yang sesuai dengan Rencana Kerja Kementerian Kesehatan Tahun Anggaran 2022-2024.

Pembangunan RS Vertikal di Surabaya didesain untuk dapat memberikan layanan komprehensif, khususnya penyakit katastropik secara paripurna mulai dari diagnostik, terapetik, hingga rehabilitatif. Termasuk untuk bersaing dengan rumah sakit lain di Asia.

Pembangunan RS UPT Vertikal di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, merupakan wujud tanggung jawab pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan rujukan tersier yang bermutu dan terjangkau.

Dasar penetapan lokasi RS UPT Vertikal di Surabaya karena memiliki aksesibilitas yang baik dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain memiliki rute langsung penerbangan udara yang cukup banyak, termasuk jalur-jalur internasional ke dan dari Asia, Eropa, Amerika, Australia.

Dengan kemudahan aksesibilitas ini, RS UPT Vertikal Surabaya dapat mengurangi beban antrean layanan jantung, kanker dan stroke di wilayah Jawa. Selain itu, RS ini dapat memperluas jangkauan layanan dalam skala Nusantara.

Keberadaan RS UPT Vertikal di Surabaya akan memperkuat sistem pelayanan kesehatan rujukan yang sudah ada. RS milik Kemenkes ini juga akan dikembangkan menjadi RS pendidikan yang melaksanakan fungsi edukasi, pusat penelitian, dan pengembangan kesehatan.(*)

Tombol Google News

Tags:

RS Vertikal Surabaya jokowi ke Surabaya kunjungan kerja Jokowi RSV Surabaya RS Kemenkes