Dewanti hingga Krisdayanti Masuk Penjaringan Bakal Calon Wali Kota Malang Lewat PDI Perjuangan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

30 April 2024 07:52 30 Apr 2024 07:52

Thumbnail Dewanti hingga Krisdayanti Masuk Penjaringan Bakal Calon Wali Kota Malang Lewat PDI Perjuangan Watermark Ketik
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang, I Made Riandiana Kartika. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – DPC PDI Perjuangan Kota Malang akan membuka penjaringan untuk bakal calon Wali Kota Malang 2024-2029 pada pertengahan Mei 2024. Beberapa nama bakal calon pun telah muncul dalam pembahasan internal DPC PDIP Kota Malang. 

Ketua DPC PDIP Kota Malang, I Made Riandiana Kartika menjelaskan dari hasil penjaringan ditemukan nama-nama seperti Ahmad Wanedi, Sri Untari, dan Sri Rahayu. Selain itu nama mantan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, dan anggota DPR RI sekaligus Sang Diva Indonesia Kris Dayanti juga masuk dalam penjaringan internal. 

"Hasil penjaringan internal ada banyak, tinggal siapa di internal kita yang siap. Intinya rapat pleno internal kita di Kota Malang menginginkan untuk N1 dari internal. Tapi tetap berkoalisi dari partai manapun," ujar Made pada Selasa (30/4/2024).

PDIP Kota Malang telah menetapkan kriteria yang dicari untuk mengisi kursi N1. Kriteria tersebut meliputi berpengalaman dalam menjalankan roda pemerintahan, mengakar di masyarakat, dan memahami kebutuhan serta karakteristik Kota Malang. 

"Seperti Bu Dewanti kan pernah menjabat sebagai Wali Kota Batu. Siapa tahu beliau mau menambah dari yang kemarin memimpin 3 kecamatan, sekarang di 5 kecamatan dengan penduduk hampir 900 ribu jiwa," kata Made. 

Hal tersebut juga berlaku pada nama-nama bakal calon lain yang telah memiliki kiprah dan pengalaman sesuai yang diharapkan. Termasuk Sri Untari yang merupakan Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Jawa Timur, maupun Anggota DPR RI Sri Rahayu. 

"Artinya pemerintahan kita tidak bisa buat coba-coba, minimal pernah ada pengalaman. Karena mengelola pemerintahan itu tidak selalu yang kita anggap baik sudah pasti bisa kita laksanakan. Jadi yang terpenting adalah bagaimana yang baik dan benar kita laksanakan," lanjutnya. 

Sementara itu untuk menanggapi surat dari DPP PDIP, Tim Lima telah dibentuk untuk menjaring nama-nama bakal calon Wali Kota Malang yang maju di Pilkada 2024. Hasil penjaringan tersebut oleh DPC akan dikirimkan kepada DPP PDIP pada 31 Mei 2024. 

"Mereka sedang menggodok jadwal pengambilan formulir. Kita akan buka pendaftaran terbuka, pengambilan formulir kita akan sepakati tanggal berapa sampai berapa dan pengembalian formulir juga," lanjutnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

pdi perjuangan DPC PDI Perjuangan Kota Malang Bakal Calon Wali Kota Malang Wali Kota Malang Calon Wali Kota Malang Kota Malang Pilkada 2024 Pilkada Kota Malang