Debut Kota Batu di Pameran KriyaNusa 2024 Curi Perhatian Pengunjung

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

2 September 2024 13:45 2 Sep 2024 13:45

Thumbnail Debut Kota Batu di Pameran KriyaNusa 2024 Curi Perhatian Pengunjung Watermark Ketik
Stand Kota Batu di Pameran KriyaNusa 2024 yang digelar Dekranas RI di Jakarta. (Foto: Prokopim Kota Batu)

KETIK, BATU – Kota Batu sukses mencuri perhatian di ajang pameran KriyaNusa 2024 di Jakarta. Meski kota wisata ini baru pertama kali berpartisipasi dalam event bergengsi yang digelar Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) RI itu, Kota Batu sukses memberikan penampilan terbaik.

Dalam pameran KriyaNusa 2024, Kota Batu menampilkan 10 produk unggulan hasil karya para pengrajin muda lokal. Mulai dari batik dengan berbagai motif khas, kerajinan anyaman dan sulam, hingga inovasi kreatif seperti kokedama.

Semua produk ini berhasil memukau pengunjung dan menarik minat para buyer baik dari dalam maupun luar negeri. "Kota Batu mengikuti pameran KriyaNusa 2024 dengan mengusung tema Pengrajin Muda, Lestarikan Budaya," kata Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, Senin 2 September 2024.

Tampilnya potensi-potensi UMKM terbaik di Kota Batu dalam KriyaNusa 2024, diapresiasi setinggi-tingginya oleh Pj Aries. Menyusul kreativitas luar biasa dari para pelaku ekonomi kreatif di Kota Batu. 

Menurutnya, partisipasi Kota Batu di KriyaNusa 2024 merupakan langkah strategis dalam mempromosikan potensi UMKM lokal dan memperluas pasar produk-produk kerajinan khas Batu.

"Saya sangat bangga dengan kualitas dan kreativitas para perajin UMKM Kota Wisata Batu. Produk-produk ini tidak hanya memiliki nilai seni tinggi, tetapi juga berpotensi untuk dipasarkan secara luas," urainya. 

Untuk mensukseskan pameran tersebut, Pemkot Batu melalui Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian dan Perdagangan memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan UMKM lokal, khususnya di sektor kerajinan. 

Selanjutnya, Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kota Batu akan fokus pada program-program pembinaan dan pelatihan, pengembangan desain produk yang inovatif, serta fasilitasi akses pasar yang lebih luas. 

"Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, Kota Batu siap menjadi pusat kerajinan kreatif di Indonesia," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Batu KriyaNusa 2024 pameran Dekranas RI