Debat Pilkada 2024 Batal Digelar, KPU Pacitan Ucapkan Permohonan Maaf

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Muhammad Faizin

20 Oktober 2024 08:48 20 Okt 2024 08:48

Thumbnail Debat Pilkada 2024 Batal Digelar, KPU Pacitan Ucapkan Permohonan Maaf Watermark Ketik
Streaming debat perdana Pilkada 2024 yang dibatalkan KPU Pacitan, 19 Oktober 2024. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Debat publik Pilkada 2024 yang dijadwalkan perdana berlangsung pada Sabtu, 19 Oktober 2024, harus dihentikan lebih awal akibat keadaan kahar.

Acara yang semula direncanakan menjadi bagian penting dari kampanye publik ini tidak bisa dilanjutkan setelah hujan mulai turun sekitar pukul 19.25 WIB, sebelum acara dimulai.

Sedianya di momen debat ini akan membahas tema "Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah" dan digelar di Halaman Kantor KPU Pacitan, pada pukul 19.00 WIB.

Dalam keterangannya, Ketua KPU Pacitan, Aswika Budhi Arfandy, menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas pembatalan tersebut.

"Kami dari KPU Pacitan mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kondisi yang terjadi dalam momen kampanye debat terbuka pada malam hari ini. Dan dengan kondisi force majeure yang tentu tidak kita harapkan saat ini kami sudah bermusyawarah dengan paslon nomor urut 1 maupun paslon nomor urut 2 dan pihak keamanan dengan pihak pemerintah daerah dan disaksikan oleh rekan-rekan Bawaslu," ucap Ketua KPU Pacitan, Aswika Budhi Arfandy, Sabtu, 19 Oktober 2024.

"Dan dengan kondisi force majeure seperti ini dengan ini secara resmi kami menyatakan bahwasannya pelaksanaan kampanye dengan metode debat publik pada debat pertama ini kami nyatakan selesai," imbuhnya.

Aswika juga menambahkan bahwa KPU telah berusaha mempersiapkan debat ini dengan sangat maksimal. Namun, cuaca buruk yang tergolong force majeure tidak dapat dihindari.

Meski demikian, KPU memastikan akan melanjutkan tahapan Pilkada dengan debat kedua dan ketiga di waktu yang akan datang.

"Dan nanti akan kami jalankan pelaksanaan tahapan pilkada atau kampanye ini berangkat untuk tahapan debat yang kedua dan tahapan debat yang ketiga," pintanya.

Keputusan pembatalan ini pun sangat disayangkan oleh pemilik hak pilih di Pacitan yang telah menunggu momen debat tersebut. 

Banyak yang kecewa karena acara yang diharapkan memberikan wawasan tentang program paslon harus dibatalkan. 

Debat berikutnya diharapkan dapat berjalan lancar, dengan cuaca yang lebih bersahabat. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan Debat Pilkada Pilkada 2024 Pilbup Pacitan