Cegah Tingginya Kanker Payudara, Rotary Club Kaliasin Gelar Talk Show 

Editor: Shinta Miranda

12 November 2022 13:36 12 Nov 2022 13:36

Thumbnail Cegah Tingginya Kanker Payudara, Rotary Club Kaliasin Gelar Talk Show  Watermark Ketik
Talk Show Deteksi Dini Kanker pada Wanita yang digelar oleh Rotary Club Surabaya Kaliasin. (Foto: Maria/Ketik)

KETIK, SURABAYA – Salah satu dari tujuh fokus penting Rotary adalah pencegahan penyakit maka dari itu Rotary Club Surabaya Kaliasin menggelar Talk Show berjudul Deteksi Dini Kanker pada Wanita pada Sabtu, (12/11/2022). 

Ketua Rotary Club Kaliasin Luhita Citra atau disapa Lulu mengungkapkan bahwa acara ini sebagai salah satu pencegahan agar wanita lebih peduli dengan kanker. 

"Jadi acara ini kami buat berdasarkan Oktober bulan kanker, dan bersamaan dengan 10 November sebagai hari pahlawan, bagi kami wanita adalah pahlawan keluarga," ungkapnya. 

Acara ini juga sebagai salah satu penghargaan untuk wanita karena sudah menjadi pahlawan di keluarganya, maka dari itu wanita harus menjaga kesehatanya karena itu akan berdampak pada keluarganya. 

"Kesehatan pada wanita itu utamanya pada organ reproduksi dan payudara, menjaga itu karena itu adalah keberlangsungan kehidupan manusia," jelasnya. 

Pentingnya acara ini adalah lebih mengenali bagaimana gejala kanker itu maka dari itu harus melakukan pemeriksaan secara dini. 

"Harapnya jika kita lebih tau dari awal kemungkinan besar untuk sembuh akan lebih besar," harap Lulu. 

Diungkapkan dr. Dwirani R Pratiwi atau biasa disapa dr. Wiwik Dokter Spesialis Bedah Payudara dari Rumah Sakit Onkologi Surabaya pentingnya deteksi dini untuk perempuan. 

"Banyaknya penderita kanker payudara karena kurang mengetahuinya pentingnya deteksi dini," tuturnya. 

dr. Wiwik juga membeberkan tidak hanya harus melakukan deteksi dini, tetapi juga harus mengikuti prosedur pemeriksaan dengan dokter spesialis payudara dan tidak hanya berkonsultasi dengan satu dokter. 

"Jangan cuma pemeriksaan dini karena adanya benjolan itu adalah sarana kita untuk mengenal payudara kita, nah itu harus ada rangkaian pemeriksaan dengan cara mencocokan dengan dokter khusus payudara, mereka lebih sensitif. Dokter itu juga tidak bisa meraba benjolan kanker (yang memiliki ukuran kecil), sekarang ada alat untuk mammografi untuk mendeteksi apakah ada kanker payudara," jelas dr. Wiwik. 

Hal senada juga diungkapkan oleh dr. Ario Djatmiko Dokter dari RS Onkologi Surabaya bahwa pencegahan kanker pada wanita yang paling penting adalah menjaga gaya hidup sehat. 

dr. Ario menjelaskan kanker payudara faktor resiko terbesar adalah dari keturunan, jadi jika ada salah satu keluarga yang mengalami kanker, kita harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

"Jika memiliki anak perempuan muda, wajib melakukan vaksin kanker serviks karena hal tersebut benar-benar menurunkan kanker serviks di Indonesi, Ibu terkena kanker, anaknya wajib periksa. Meskipun hasilnya negatif tetapi harus tetap melakukan deteksi keberlanjutan," pungkasnya. 

Foto Anggota Rotary Club Surabaya Kaliasin. (Foto: Maria/Ketik)Anggota Rotary Club Surabaya Kaliasin. (Foto: Maria/Ketik)

Mengenai acara Talk Show, antusiasme ibu-ibu terlihat dengan banyaknya pertanyaan mengenai mulai pencegahan hingga perawatan kanker payudara. 

Acara tersebut berlangsung sangat seru karena ibu-ibu antusias untuk bertanya dan bercerita mengenai pengalaman menghadapi kanker payudara. 

Acara Talk Show tersebut didukung oleh beberapa sponsor yaitu Bank Jatim, PT Agro Inti Makmur, House of Tiddy dan Supreso. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rotary Club Surabaya Kaliasin Kanker Payudara Onkologi