Cara Merawat Komponen Mobil Saat Musim Hujan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

16 Maret 2024 00:13 16 Mar 2024 00:13

Thumbnail Cara Merawat Komponen Mobil Saat Musim Hujan Watermark Ketik
Ilustrasi mobil. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Di musim hujan seperti saat ini merawat kendaraan harus dilakukan lebih intens. Hal ini dikarenakan air hujan mengandung zat asam dan kotoran yang dapat merusak komponen mesin.

Bukan hanya komponen besi yang bisa berkarat akibat terkena air hujan, tetapi air hujan juga bisa memunculkan bau tak sedap di dalam kabin karena kondisi udara yang lembab. 

Akan tetapi, Anda sebaiknya jangan khawatir, kami akan uraikan tips merawat mobil saat musim penghujan agar mobil anda tetap terawat.

1. Keringkan mobil segera 

Setelah terkena air hujan, alangkah baiknya segera keringkan mobil Anda dari air hujan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya air hujan mengandung zat asam yang dapat merusak cat mobil dan menimbulkan bercak.

2. Gunakan cover mobil

Jangan lupa untuk menggunakan cover mobil yang berkualitas untuk menutupi mobil. Hal ini berguna jika mobil Anda sering terparkir di luar ruangan. Pilihlah cover yang terbuat dari bahan tahan air dan tidak mudah sobek.

3. Periksa kondisi wiper

Wiper yang berfungsi optimal sangat penting untuk menjaga visibilitas saat hujan deras. Pastikan karet wiper masih elastis dan tidak getas. Lakukan penggantian jika wiper sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

4. Lakukan pengecekan pada ban

Melakukan pengecekan ban mobil sangat penting mengingat saat musim hujan kondisi jalan akan lebih licin akibat guyuran hujan. Terutama kondisi alur ban, alur yang tipis sangat berbahaya saat melintasi jalan licin.

5. Perhatikan rem mobil

Rem mobil merupakan komponen yang penting sebagai fitur keselamatan. Rem mobil yang basah dapat berkurang daya cengkeramannya. Oleh sebab itu lakukan pengecekan rutin pada kondisi rem anda.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif komponen mobil cat mobil bercak zat asam wiper Musim Hujan