Bulan Ramadan Perbanyak Sedekah, Buka Dompet dan Bagikan Isinya ke Anak Yatim dan Duafa

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

13 Maret 2024 15:55 13 Mar 2024 15:55

Thumbnail Bulan Ramadan Perbanyak Sedekah, Buka Dompet dan Bagikan Isinya ke Anak Yatim dan Duafa Watermark Ketik
Khofifah Indar Parawansa mencontohkan untuk perbanyak sedekah dengan anak yatim, Rabu (13/3/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

Bulan Ramadan menjadi ladang pahala bagi umat muslim.  Karena itu, masyarakat berbondong-bondong untuk berbuat kebaikan hingga bersedekah kepada masyarakat kurang mampu. Terkait hal tersebut,  Ketum PP Muslimat NU yang juga Gubernur Jawa Timur (Jatim) periode 2019 - 2024, Khofifah Indar Parawansa mengingatkan masyarakat untuk perbanyak seedekah selama bulan ramadan.

Beberapa amalan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW selama Bulan Ramadan adalah sedekah yang paling afdhol adalah sedekah yang dilakukan di Bulan Ramadan. Suatu ketika ada sahabat bertanya sedekah yang paling afdhol itu bagaimana ya Rasulullah. Maka jawaban Rasulullah adalah sedekah di bulan Ramadan.

Meneladani contoh tetsebut, masyarakat berlomba-lomba untuk membuka dompetnya lebar-lebar dan mengeluarkan isinya untuk  bersedekah di Bulan Suci  Ramadan. Termasuk berlomba mengeluarkan zakat yang sudah mencapai nishab dan haulnya.

Syekh Abdul Qodir Al Jailani sangat menyarankan dalam mengeluarkan sedekah itu pertama pada anak yatim. Kedua sedekah pada fuqoro, dan ketiga sedekah pada lansia khususnya yang homeless.

Untuk itu, dengan acuan tersebut maka Khofifah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan sedekah pada anak yatim menjadi amaliyah Ramadan yang diistiqomahkan.

“Mumpung kita berada di Bulan Ramadan, maka mari kita laksanakan bersama amaliyah santunan pada anak yatim dan juga fuqoro. Dengan harapan kita mendapatkan pahala dan keberkahan yang besar di Bulan Ramadan,” katanya.

Penerima Honorary Award for Global Peace and Women Empowerment atau Perdamaian Gobal dan Pemberdayaan Perempuan dari Minhaj-Ul-Quran International ini pun menyebutkan, jika semakin banyak mengejar kebaikan, maka akan besar pula pahala yang diberikan oleh Allah SWT.

Di akhir, Khofifah mengajak seluruh elemen untuk memperbanyak amalan kebaikan di Bulan Ramadan “Semoga kita mendapatkan limpahan rahmat Allah SWT di 10 hari pertama Ramadan tahun ini,” pungkas Khofifah. (*)

Tombol Google News

Tags:

Hikmah Ramadan bulan Ramadan Khofifah Khofifah Indar Parawansa sedekah di bulan ramadan Hikmahramadan Ramadan