Bone Joint Spine Clinic Surabaya Berikan Solusi Terbaik dari Para Ahli Tulang dan Persendian

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

3 Juni 2024 08:56 3 Jun 2024 08:56

Thumbnail Bone Joint Spine Clinic Surabaya Berikan Solusi Terbaik dari Para Ahli Tulang dan Persendian Watermark Ketik
dr. Erwin Ramawan, SpOT (K) menjelaskan permasalahan tulang di Soft Opening Bone Joint Spine Clinic. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Fasilitas kesehatan di Indonesia terus berbenah demi mencegah masyarakat pergi berobat ke luar negeri seperti yang dikhawatirkan Presiden Joko Widodo.

Masyarakat diminta berobat di dalam negeri saja seperti Rumah Sakit yang memiliki layanan unggulan ortopedi dan traumatologi.

Bone Joint Spine Clinic yang digagas oleh para ahli ortopedi yaitu dr. Erwin Ramawan, SpOT (K) dan Dr. dr. Taufin Warindra, Sp.OT (K), para ahli dapat menangani nyeri panggul, nyeri pinggang dan nyeri sendi. Klinik ini bertepat di Mitra Keluarga Surabaya.

dr. Erwin menjelaskan bahwa secara umum problem tulang adalah cidera dikarenakan jatuh hingga kecelakaan, selain itu masalah lain karena proses penuanaan atau degeneratif.

"Kalau patah tulang itu umum, patah, operasi, sambung, untuk yang degeneratif kita lakukan ganti sendi panggul, ganti sendi lutut atau ganti sendi angkle," terangnya saat Soft Opening dikutip pada Senin, (3/6/2024).

Selain itu problem osteoporosis, menurut Erwin yang paling banyak dikerjakan adalah problem saraf pada tulang belakang atau spine.

Menurut dr Erwin secara umum usia yang lebih tua beresiko besar terhadap permasalahan tulang maupun sendi, karena itulah menurut Erwin usia tulang belum tentu sama dengan usia seseorang, perbedaan itu dari usia klinis, usia badan dan usia penggunaan.

"Bukan berarti yang muda tidak berisiko karena usia biologis tidak sama dengan usia organ atau pemakaian," jelas Lulusan Unair 1998 ini.

Erwin mengungkapan ada seorang pasien yang berumur 99 tahun melakukan operasi panggul lalu setelah itu mengalami jatuh dengan posisi duduk jadi tulang belakangnya cidera.

"Tulang belakangnya kena, kita operasi di umur 101 tahun, berarti bisa dilakukan operasi," jelasnya.

dr. Taufin menambahkan sebelum dilakukan operasi banyak proses yang harus dilalui misalnya screening jantung, darah hingga screening menyeluruh.

"Operasi sekarang bukan seperti operasi zaman dulu, dengan alat yang ada di sini kita bisa endoskopi, bahkan bisa operasi tulang belakang," jelasnya.

Mengenai penyembuhan pasca operasi, Taufin menjelaskan penyembuhan kurang lebih 2 hari.

"Pasca operasi 2 hari biasanya sudah pulang," terangnya.

Mengenai keunggulan di klinik ini, dipastikan Bone Joint Spine Clinic memberikan pelayanan bintang 5 untuk pasien.

"Kita buat tenang pasiennya, kita ngobrol dulu berdua, ada personel service assitant, ada ruang virtual reality yang bisa melihat langsung saat operasi berlangsung," terang Taufin. (*)

Tombol Google News

Tags:

Permasalahan tulang Rumah Sakit   Bone Joint Spine Clinic dr Erwin Ramawan problem tulang