BMKG Prediksi Nihil Potensi Hujan di Pacitan saat Pemilu 2024

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

12 Februari 2024 09:25 12 Feb 2024 09:25

Thumbnail BMKG Prediksi Nihil Potensi Hujan di Pacitan saat Pemilu 2024 Watermark Ketik
Daerah Pacitan diprediksi nihil hujan saat penyelenggaraan Pemilu 2024. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi, cuaca di Pacitan, Jawa Timur saat hari pemungutan suara Pemilu 2024 cerah dan tidak ada berpotensi hujan. 

Menurut keterangan BMKG dalam peringatan tiga hariannya, wilayah yang berpotensi turun hujan pada hari pemungutan suara meliputi beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Magetan, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Nganjuk.

Kemudian, Kota Surabaya, Mojokerto, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo serta Nganjuk.

"Ini tentu menjadi kabar baik bagi penyelenggara dan warga yang ingin melaksanakan pesta demokrasi dengan lancar," kata Radite Suryo Anggoro, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik mengacu rilis BMKG, Senin (12/2/2024).

Kondisi cuaca cerah di Pacitan tersebut, akan terjadi di seluruh wilayah. Sehingga sementara tidak ada potensi hujan yang dapat mengganggu proses pemungutan suara.

Meskipun Kota Seribu Satu Gua diprediksi nihil hujan, warga tetap diimbau untuk waspada terhadap perubahan cuaca yang dapat menyebabkan hujan intensitas ringan-sedang-lebat.

Hal ini penting untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya cuaca buruk yang dapat mengganggu proses pemungutan suara.

"Ikuti informasi perkembangan cuaca melalui rilis lembaga resmi, baik dari BMKG maupun BPBD," tambahnya kepada ketik.co.id. 

Sementara itu, KPU Pacitan telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024. Persiapan tersebut meliputi Bimtek petugas KPPS, sosialisasi kepada masyarakat, serta pendistribusian logistik pemilu.

KPU Pacitan berharap semua logistik Pemilu 2024 dapat tersampaikan pada H-1 sebelum pemungutan suara, yaitu pada Selasa (13/2/2024).

"Kita harapkan H-1 sebelum Pemilu seluruh logistik pemilu dapat sampai di TPS. Kami berharap semua proses pemilu berjalan lancar dan damai. Tidak hanya saat ini, namun seluruh tahapan dapat berjalan dengan baik," pinta Sulis Styorini, Ketua KPU Pacitan.

Dengan persiapan yang matang dan cuaca yang mendukung, diharapkan Pemilu 2024 di Pacitan dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

"Semoga dengan persiapan yang matang dan cuaca yang mendukung, Pemilu 2024 di Pacitan dapat berjalan dengan lancar dan sukses," pungkas Sulis.(*)

Tombol Google News

Tags:

kebencanaan pacitan pemilu2024