Berawal Dari Game, Arsyad Geluti Catur sejak Bangku TK

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

21 Mei 2024 01:48 21 Mei 2024 01:48

Thumbnail Berawal Dari Game, Arsyad Geluti Catur sejak Bangku TK Watermark Ketik
Arsyad Ali Robbani saat mengikuti turnamen catur. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dulu mungkin banyak orang beranggapan catur olahraga identik dengan orang tua. Ini karena kita seringkali melihat catur banyak dimainkan di pos ronda dan warung kopi yang menjadi tempat tongkrongan bapak-bapak.

Namun, seiring berjalannya waktu, anggapan tersebut sudah tidak relevan, karena saat ini banyak anak-anak yang menyukai olahraga ini. Salah satunya Arsyad Ali Robbani.

Bocah kelas 4 Sekolah Dasar ini bisa dibilang tergila-gila pada olahraga catur. Bagaimana tidak, dalam sehari dirinya bisa bermain catur selama kurang lebih 4 hingga 5 jam.

Ia mengaku mulai menyukai catur saat duduk di bangku Taman Kanak Kanak (TK). Awal kasukaannya pada olahraga tersebut karena sering bermain game catur di handphone ayahnya saat mengisi waktu luang.

"Dulu awalnya main game sih di Handphone. Terus kemudian suka dan mulai ikut-ikut perlombaan," kata Arsyad.

Lebih lanjut, jika banyak orang melihat catur merupakan olahraga yang cukup sulit, berbeda dengan Arsyad. Menurutnya catur tidak terlalu sulit, pemain hanya perlu memikirkan strategi agar bisa menang.

"Gak terlalu susah sih. Mudah saja yang penting tau strateginya," tambahnya.

Tidak sekadar suka, Arsyad bahkan sudah sering mengikuti beragam turnamen. Anak 11 tahun tersebut bahkan bercita-cita menjadi seorang Grand Master yang bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

"Sering ikut turnamen, sampai gak inget satu-satu. Pokoknya cita-citanya pengen jadi Grand Master asal Indonesia," paparnya.

Sementara itu, Hesnud Daulah, Sekretaris Percasi Surabaya menuturkan olahraga catur memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Salah satunya melatih ketelitian dan pengambilan keputusan.

"Catur ini manfaatnya banyak sekali untuk anak-anak. Seperti mengajarkan berani tampil, melatih kecerdasan, ketelitian dan pengambilan keputusan atau problem solving," tutur Hesnud.

Oleh sebab itu dirinya mengimbau kepada orang tua tidak ada salahnya mulai mengenalkan olahraga catur pada anak- anak. Dengan pengenalan catur pada usia dini dapat membantu tumbuh kembang anak khusunya dari segi ketelitian.

"Jadi manfaatnya banyak sekali. Dan saat ini juga sudah mulai banyak orang tua yang mengenalkan catur pada anaknya," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Olahraga Catur Percasi Surabaya Atlet Catur Grand Master usia dini Kecerdasan Anak