Bayi Kembar Tiga di RSUD dr. Darsono Pacitan Sudah Bisa Pulang

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

27 September 2024 13:52 27 Sep 2024 13:52

Thumbnail Bayi Kembar Tiga di RSUD dr. Darsono Pacitan Sudah Bisa Pulang Watermark Ketik
Ida Widiyanti bersama keluarga termasuk 3 bayi kembarnya tengah berpose dengan para petugas medis di Ruang Flamboyan 2, RSUD dr. Darsono Pacitan sesaat sebelum mereka pulang, 26 September 2024. (Foto: RSUD for Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Kabar bahagia datang dari RSUD dr. Darsono Pacitan. Tiga bayi kembar dilahirkan oleh Ida Widiyanti, ibu asal Kecamatan Punung.

Bayi-bayi tersebut, dua berjenis kelamin perempuan dan satu laki-laki. Ketiga bayi tersebut lahir pada tanggal 26 Agustus 2024, atau satu bulan lalu.

Namun, setelah bayi tersebut lahir belum bisa dibawa pulang dan diharuskan mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. 

Direktur RSUD dr. Darsono Pacitan, dr. Iman Darmawan, mengatakan, seiring adanya indikasi medis yang tidak memungkinkan untuk dilahirkan secara normal atau bayi lahir dalam kondisi prematur.

Ibu Ida melakukan proses persalinannya dengan operasi sesar. 

Bayi Ibu Ida, juga diharuskan untuk dilakukan perawatan intensif di RSUD dr. Darsono Pacitan lantaran kondisinya belum stabil.

"Usai melahirkan, ketiga bayi langsung dirujuk ke Ruang Flamboyan 2, yang merupakan unit perinatologi dan Neonatal Intensive Care Unit (NICU) di rumah sakit," bebernya, Jumat, 27 September 2024.

dr. Iman Darmawan membeberkan, mereka, diberikan perawatan dari dokter spesialis anak dan perawat terlatih agar kondisinya segera membaik.

Khusus ketiga bayi Ibu Ida, dilakukan perawatan oleh dr. Sulaiman Hamid, M.Sc., Sp.A.bersama tim perinatologi-Neonatal Intensive Care Unit (NICU) Ruang Flamboyan 2 RSUD dr. Darsono.

"Sejak saat lahir, khususnya si bayi dirawat di RSUD," ungkapnya kepada Ketik.co.id

Selang waktu, seiring upaya yang dilakukan pihak RSUD dr. Darsono Pacitan, bayi kian sehat. Hingga pada 26 September 2024, tim medis menyatakan bahwa kondisi ketiga bayi dalam keadaan stabil dan sehat.

Foto Potret bayi kembar tiga saat dirawat oleh tim medis RSUD dr. Darsono Pacitan. (Foto: RSUD for Ketik.co.id)Potret bayi kembar tiga saat dirawat oleh tim medis RSUD dr. Darsono Pacitan. (Foto: RSUD for Ketik.co.id)

"Alhamdulillah, kemarin, bayi kembar tiga itu sudah diizinkan untuk dibawa pulang ke rumah. Kondisinya sudah sehat," bebernya.

Pihak RSUD dr. Darsono pun merasa senang dapat menjadi bagian dari perjalanan berharga Ibu Ida dan keluarganya.

"Kami berharap, dengan perawatan yang optimal, bayi dapat tumbuh sehat. Begitu juga ibunya," bebernya.

Ditemui di Ruang Flamboyan 2 sesaat sebelum pulang, Ida dan suami mengucapkan banyak terima kasih pada semua dokter, bidan, serta perawat yang telah merawat bayi-bayinya dengan penuh kesabaran.

Ida Widiyanti juga bahagia. Dia dan suaminya mengaku merasa sangat beruntung atas pelayanan yang telah diberikan rumah sakit.

Dia berharap masih bisa konsultasi lagi jika sewaktu-waktu bayi tripletnya mengalami masalah dalam perawatannya di rumah.

"Terima kasih kepada semua dokter dan perawat yang telah merawat bayi-bayi kami dengan sabar. Pengennya nanti, tetep bisa konsultasi saat kami merawat bayi," ungkap Ibu Ida. 

Sekadar informasi, Ruang Flamboyan 2 RSUD dr. Darsono adalah ruang perinatology dan NICU yang menangani bayi baru lahir bermasalah.

Di ruang tersebut, ada 3 dokter spesialis anak, 4 bidan, dan 12 perawat yang sudah mengikuti pelatihan NICU, resusitasi neonatus, dan kegawatdaruratan. Didukung sarana prasarana dan fasilitas yang lengkap di ruang intensif, ruang perawatan infeksi, non infeksi, ruang isolasi, dan ruang tindakan.

"Tim medis kami berpengalaman dalam menangani kasus-kasus khusus, kami akan terus memberikan yang terbaik dalam pelayanan persalinan masyarakat, khususnya Pacitan," pungkas dr. Iman Darmawan. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan