Bandara Pagar Alam Kembali Beroperasi Jelang Mudik Lebaran, Catat Jadwal dan Rutenya!

Jurnalis: Muhammad Faizin
Editor: Naufal Ardiansyah

17 Maret 2024 01:07 17 Mar 2024 01:07

Thumbnail Bandara Pagar Alam Kembali Beroperasi Jelang Mudik Lebaran, Catat Jadwal dan Rutenya! Watermark Ketik
Bandara Atung Bungsu Kota Pagaralam, Sumatera Selatan kembali beroperasi setelah sempat terhenti. (Foto: Dokumentasi/Al/ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM – Transportasi penerbangan di Kota Pagar Alam kembali bergeliat. Hal ini setelah Bandara Atung Bungsu Pagar Alam yang sebelumnya sempat terhenti beroperasi sejak Desember 2023, kini kembali hidup. 

Beroperasinya Bandara Atung Bungsu ditandai dengan penerbangan perdana Maskapai Susi Air pada 12 Maret 2024 lalu dari Pagar Alam ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Bandara Atung Bungsu Pagar Alam Sastra Amino yang menyebut Bandara Antung Bungsu ini kembali beroperasi di bulan Ramadan. 

"Beroperasinya Maskapai Susi Air dari Bandara Atung Bungsu Pagar Alam untuk seterusnya. Jadi tidak hanya pada momen arus mudik dan arus balik saja," tutur Sastra dalam keterangan tertulisnya (16/03/2024). 

Beroperasinya kembali Bandara Atung Bungsu Pagar Alam, ini menurut Sastra mendapat respon positif dari warga setempat. Hal ini ditandai dengan banyaknya tiket arus mudik dan arus balik yang sudah dipesan masyarakat. 

Sejauh ini, sedang diupayakan dibukanya rute penerbangan Pagar Alam-Jakarta. Hal ini diupayakan oleh dua pemerintah daerah yang berkepentingan. 

"Untuk rute agar Alam-Jakarta masih menunggu subsidi pemerintah Kota Pagar Alam dan Kota Lahat," ungkap Sastra. 

Maskapai milik mantan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti itu memiliki jadwal penerbangan yakni empat hari dalam seminggu. Yakni pada Selasa, Rabu, Jumat, dan Sabtu. Dengan rute yang dilayani saat ini adalah Pagar Alam-Bengkulu, dan Bengkulu-Pagar Alam. Serta rute Pagar Alam-Palembang, dan Palembang-Pagar Alam. 

Masyarakat bisa menikmati penerbangan Bengkulu-Pagar Alam dengan harga Rp 289.160,-. Adapun untuk rute Pagar Alam-Palembang dipatok di harga Rp 299.720. Sedangkan rute Palembang- -Pagar Alam ditetapkan Rp 393.590. Lalu untuk Pagar Alam-Bengkulu Rp 237.560.

Pada rute penerbangan Pagar Alam-Palembang tersedia pada Selasa dan Jumat dengan jam berangkat pukul 14.30 WIB dan tiba pukul 15.05 WIB.

Sedangkan rute Palembang-Pagar Alam, beroperasi pada Rabu dan Sabtu dengan jam berangkat pada pukul 07.00 WIB dan tiba pukul 07.35 WIB. 

Rute Bengkulu-Pagar Alam tersedia pada Selasa dan Kamis dengan jam keberangkatan pukul 13.35 WIB dan tiba pukul 14.20 WIB. Kemudian rute Pagar Alam-Bengkulu tersedia pada Rabu dan Sabtu dengan jam keberangkatan pukul 08.05 WIB dan tiba pukul 08.50 WIB. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Bandara Atung Bungsu pagar alam lahat Sumatera Selatan Sumsel susi air Penerbangan Perintis Mudik Lebaran Arus Balik Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang