Ayu Marchella, Mojang Wakil 1 Jawa Barat 2023 Gaungkan Advokasi 'Cashmaran'

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Naufal Ardiansyah

8 April 2024 13:37 8 Apr 2024 13:37

Thumbnail Ayu Marchella, Mojang Wakil 1 Jawa Barat 2023 Gaungkan Advokasi 'Cashmaran' Watermark Ketik
Ayu Marchella, Mojang Wakil 1 Jawa Barat 2023 (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG BARAT – Mojang Wakil 1 Jawa Barat 2023, Ayu Marchella akrab dengan panggilan Ayu, mahasiswi aktif Politeknik Negeri Bandung, ikut serta menggaungkan advokasi yang dinamakan dengan 'Cashmaran'.

Pemilik akun media sosial Instagram @aymrchl dan Tiktok @aymrchll mengatakan, dalam upaya menciptakan collaborative innovation, Mojang Jajaka Jawa Barat melaksanakan program Cashless Mawa Rakyat ka Kabagjaan (Cashmaran).

"Pertama kali dilakukan di Ujung Aspal Purwakarta bersama Mojang Jajaka Purwakarta, Bank BJB, Karang Taruna, dan masyarakat Desa Pusakamulya," kata Ayu kepada media online nasional Ketik.co.id jaringan suara.com melalui pesan singkat Whatsapp, pada hari Senin (8/4/2024).

Disampaikannya, sebagai bentuk penghayatan program Cashmaran yang merupakan salah satu bentuk ikhtiar pihaknya dalam mendorong rebranding dan skema pembayaran non tunai pada destinasi pariwisata di Jawa Barat.

"Semoga program Cashmaran dapat menjadi langkah awal  kebaikan yang bermanfaat bagi para pelaku pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Barat," ujar Ayu yang bekerja sebagai freelance Muse dan memiliki hobi menari.

Dirinya menyampaikan, bahwa kegiatan yang kerap dilakukannya yaitu mulai dari menghadiri kegiatan-kegiatan di Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional atau bahkan Internasional.

"Selain itu juga sering diundang sebagai pembicara dalam berbagai panel diskusi atau sebagai juri dalam beberapa ajang/kompetisi yang berkaitan dengan kebudayaan dan pariwisata," imbuhnya menuturkan dengan jelas dan lugas.

Selain itu kata Ayu, advokasi lain yang pernah dilakukan yaitu mengenalkan batik Jawa Barat, dengan harapan upaya ini masyarakat dapat mengetahui bahwa tatar Sunda juga punya batik khasnya sendiri, bahkan tiap kota/kabupaten memiliki nilai keunikannya masing-masing yang kaya akan makna dan filosofi.

Secara khusus, ia mengajak generasi muda khususnya di Jawa Barat untuk bersama-sama ikut serta dalam menjaga dan melestarikan seni budaya, ikut berkontribusi dalam mengenalkan pariwisata dan keindahan alam Jawa Barat.

"Saya berharap generasi muda Jawa Barat bisa menjadi sosok yang peka terhadap isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat, dan bersama-sama berperan dalam menebar manfaat sebanyak-banyaknya khususnya bagi lingkungan sekitar," imbuhnya.

Sebagai tambahan informasi, berikut prestasi membanggakan yang telah diraih oleh Ayu, yaitu:
1. Mojang Gandes KBB 2022
2. 10 Karya terbaik gelar tari Inovatif 2020
3. Pertukaran Budaya Indonesia – Malaysia 2018
4. Juara Harapan 2 FLS2N Tingkat Provinsi Jawa Barat 2020
5. Juara 1 FLS2N Tingkat Kota Bandung 2017 dan 2018
6. Juara Harapan III FLS2N Tingkat Provonsi Jawa Barat 2017
7. Juara 3 Bentang Jaipong se-Jawa Barat dan DKI Jakarta 2017. 

Tombol Google News

Tags:

Ayu Marchella Mojang Wakil 1 Jabar 2023