Atasi Persoalan Sanitasi, 10 Kelurahan di Pagar Alam Dibangun Tangki Septic Skala Individual

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: Marno

12 Oktober 2023 09:01 12 Okt 2023 09:01

Thumbnail Atasi Persoalan Sanitasi, 10 Kelurahan di Pagar Alam Dibangun Tangki Septic Skala Individual Watermark Ketik
10 Kelurahan di Pagar Alam Dibangun Tangki Septic Skala Individual (Foto; Al/ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM – Pemerintah Kota Pagar Alam melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pagar Alam terus melakukan pengendalian lingkungan melalui program sanitasi. Tahun ini, sasaran program sanitasi adalah menyiapkan akses pendudukan berupa prasarana dan sarana sanitasi.

Sarana tersebut erat kaitannya dengan aspek kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan, sosial, budaya serta kemiskinan.  "Ya tahun ini, program sanitasi kita tujukan di 10 kelurahan yang ada di Pagar Alam. Salahsatunya dengan pembangunan tangki septic skala individual," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Pagar Alam Davlies Jhoni melalui Kabid Cipta Karya Indra ST, Kamis (12/10/2023)

Dia menyebutkan, sanitasi adalah suatu cara pengawasan dan pengendalian terhadap seluruh faktor lingkungan fisik manusia. Buruknya sanitasi  dapat mempengaruhi lingkungan kehidupan manusia secara fisik dan atau juga secara mental.

Mengingat keterbatasan kemampuan yang dimiliki pemerintah, baik pusat maupun daerah, diperlukan upaya-upaya terobosan yang bersifat mengubah paradigma dalam pengembangan sanitasi lingkungan.

Beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah melalui Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Pagar Alam melakukan kegiatan atau program terhadap pengembangan sanitasi lingkungan yang baik bagi masyarakat. Salah satunya dengan program pembangunan tangki septic skala individual. "Tujuannya, untuk mengatasi persoalan sanitasi salahsatu pengendalian limbah cair rumah tangga dengan pembuatan tangki septic skala individual," imbuh Indra.

Lanjut dia, sanitasi yang buruk dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit. Di antaranya penyakit infeksi pada balita serta diare dan cacingan yang dapat mengganggu proses pencernaan dalam proses penyerapan nutrisi.

Jadi, sanitasi ini juga mendukung sekaligus mengatasi stunting. Oleh karna itu pembangunan tangki septik individual di Kota Pagar Alam ini diharapkan dapat membantu mengatasi masalah sanitasi lingkungan.

  "Agar terciptanya masyarakat yang hidup bersih dan sehat. Selain itu dapat mengurangi angka stunting di Kota Pagar Alam," ujarnya.

Menurut Indra, program sanitasi pembangunan tangki septic ini melalui Dana Alokasi Umum (DAU). DAU itu merupakan salah satu bagian dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), keperluannya di antanya untuk belanja daerah otonom.

Selain itu, menjadi bagian dari pendapatan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). "Pembangunann tangki septic skala individual di 10 Kelurahan ini dengan alokasi DAU mencapai Rp. 1.387.500.000. Masing masing kelurahan Dengan alokasi dana sebesar Rp. 138.750.000," beber Indra.

Adapun 10 kelurahan sasaran program sanitasi ini, untuk di Kecamatan Pagar Alam Utara di Kelurahan Pagar Alam (KSM Ayek Badasan), Kelurahan Selibar (KSM Serasan), Kelurahan Curup Jare (KSM Sepakat), Kelurahan Bangun Rejo (KSM Sekance).

Di Kecamatan Pagar Alam Selatan, Kelurahan Tumbak Ulas (KSM Puncak Bersama), Kelurahan Ulu Rurah (KSM Setungguan), Kelurahan Tanjung Agung (KSM Setujuan), Kelurahan Besemah Serasan (KSM Merpati).

Selain itu, Kelurahan Pagar Wangi Kecamatan Dempo Utara  (KSM Setunggalan), dan Kelurahan Jokoh Kecamatan Dempo Tengah (KSM Tri Makmur). "Kegiatan ini dilaksanakan dengan swakelola masyarakat di mana semua dilaksanakan oleh masyarakat itu sendiri melalui kelompok swadaya masyarakat atau KSM," pungkas Indra.(*)

Tombol Google News

Tags:

sanitasi bantuan Pemerintah Kota pagar alam