Agus Sujito, Seniman Patung Langganan Tempat Wisata, Asli Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

13 April 2024 05:00 13 Apr 2024 05:00

Thumbnail Agus Sujito, Seniman Patung Langganan Tempat Wisata, Asli Kota Batu Watermark Ketik
Agus diantara patung yang sedang diselesaikan (5/4/2024). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Jika anda tahu patung sapi yang ada di Cimory Dairyland di Bogor, Jawa Barat, serta di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, itu adalah karya dari seorang pematung asli Kota Batu Jawa Timur bernama Agus Sujito.

Cimory Dairyland sendiri adalah tempat wisata yang mengusung konsep edukasi dan rekreasi bertema peternakan.

Agus dikenal sebagai ahli pembuat patung berbahan fiber. Saat ini ia sedang mengerjakan pesanan dari Wisata yang berkonsep peternakan tersebut.

Terlihat, Agus sedang menyelesaikan patung sapi dan kepala singa saat ketik.co.id berkunjung ke workshopnya di Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu beberapa waktu lalu.

"Saya pertama kali mendapatkan pesanan membuat patung hewan di Jatim Park 1. Sudah belasan tahun yang lalu. Sejak itu saya mulai banyak pesanan. Sekarang lagi mengerjakan pesanan dari Cimory," katanya.

Agus mengutarakan, total ada 170 patung miniatur yang sudah dikerjakan untuk Cimory. Meskipun miniatur, dikatakannya, tetapi tingginya 3 meter. Selain itu, Agus juga pernah menerima pesanan dari Jakarta, Semarang dan Pasuruan.

"Bentuk patung mengikuti kemauan pesanan. Kemarin 160 patung saya kerjakan sekitar 19 bulan. Dengan 10 orang yang membatu untuk lembur terus," tambahnya.

Agus memiliki latar belakang sebagai seorang seniman lukis yang telah banyak menghasilkan karya. Kenekadan membuat patung muncul saat ia menerima pesanan dari Jatim Park 1. Ia mengakui, dari situlah ia belajar membuat patung terutama patung berbahan fiber.

"Basic saya seniman lukis. Untuk membuat patung saya belajar dari teman teman. Lihat acuan dari teman dan buku. di Jatim Park itu saya sambil belajar mengenal patung berbahan fiber," jelasnya.

Sejauh ini, Agus disibukkan dengan membuat patung patung pesanan. Sehingga bukan asli karya dari inspirasinya sendiri. Ia berencana di bulan Agustus 2024 akan menggelar pameran tunggal yang memamerkan karya murni dirinya.

"Saya selama ini sibuk dengan membuat patung pesanan. Sekarang di sela sela pesanan saya mulai membuat karya untuk nanti saya pamerkan," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu patung fiber Agus Sujito Jatim Park 1 Cimory Dairyland