5 Hal Menarik Kunjungan Sri Paus Fransiskus di Indonesia

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

3 September 2024 05:21 3 Sep 2024 05:21

Thumbnail 5 Hal Menarik Kunjungan Sri Paus Fransiskus di Indonesia Watermark Ketik
Sri Paus Fransiskus. (Foto: Uno Santa.com)

KETIK, JAKARTA – Sri Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan apostolik ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi dalam rangkaian lawatan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik.

Berikut 5 Hal Menarik Kunjungan Sri Paus Fransiskus di Indonesia:

1. Paus Ketiga yang Berkunjung di Indonesia

Sri Paus Fransiskus adalah Paus ketiga yang berkunjung di Indonesia, sebelumnya adalah Paus Santo Paulus VI di tanggal 3 dan 4 Desember 1970.

Kemudian, Paus Santo Yohanes Paulus II pada 9 sampai 14 Oktober 1989.

2. Paus Fransiskus 4 Hari di Indonesia

Dikutip dari X @ KomsosKWI, dalam 4 hari kunjungan ke Indonesia, Paus Fransiskus akan berkunjung ke sejumlah lokasi.

3 September 2024: Paus Fransiskus disambut oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka, kemudian bertemu kalangan pemerintahan, masyarakat sipil dan korps diplomatik di Istana Negara.

4 September 2024: Paus Fransiskus bertemu dengan uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris dan katekis di Gereja Katedral Jakarta, serta bertemu dengan kaum muda scholas di Grha Pemuda.

5 September 2024: Paus Fransiskus lakukan pertemuan antar agama di Masjid Istiqlal, pertemuan antar kaum disabilitas di Gedung Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan pelaksanaan Misa Suci di GBK.

3. Tak Gunakan Jet Pribadi

Wakil Koordinator Media Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus Anthonius Gregorius mengatakan Paus Fransiskus menggunakan pesawat Alitalia, maskapai penerbangan nasional Italia yang kini diambil alih oleh ITA Airways.

Anthonius juga mengabarkan Paus Fransiskus akan menaiki mobil biasa bukan mobil mewah maupun mobil anti peluru selama berada di Indonesia.

"Akan naik mobil biasa bukan mobil mewah, bukan mobil anti peluru," ujar Anthonius.

4. 80 Ribu Umat Katolik Ikuti Misa Agung di GBK

Ketua Panitia Kedatangan Paus Fransiskus, Ignasius Jonan mengatakan, bahwa Misa Suci bersama Paus Fransiskus akan dihadiri oleh lebih dari 80 ribu umat Katolik.

“Akan ada lebih dari 80 ribu umat. Di Stadion Madya dan Stadion Utama GBK,” ujar Jonan pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Jonan mengimbau para umat yang memiliki undangan, untuk datang lebih awal, karena semua pintu masuk akan ditutup 30 menit sebelum Paus Fransiskus tiba di GBK.

5. Tema Kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia.

Dikutip dari X @KomsosKWI, hal ini seturut dengan nilai hidup yang dianut dengan diajarkan oleh Paus Sendiri.

"Iman yang teguh menghasilkan persaudaraan sejati, sementara persaudaraan sejati diungkapkan dalam belarasa kepada sesama dan alam semesta," tulisnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Paus Fransiskus Sri Paus Fransiskus kunjungan kunjungan Paus Fransiskus fakta kunjungan ke Indonesia 5 hal menarii kunjungan