Usia 23 Tahun, Reval Pradana Putra, Caleg Pendatang Baru Kediri Raih Suara Tertinggi

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: Muhammad Faizin

26 Februari 2024 08:33 26 Feb 2024 08:33

Thumbnail Usia 23 Tahun, Reval Pradana Putra, Caleg Pendatang Baru Kediri Raih Suara Tertinggi Watermark Ketik
Caleg PDIP Reval Pradana Putra (kiri) saat bersama Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (kanan). (foto : Reval for ketik.co.id).

KETIK, KEDIRI – Reval Pradana Putra menjadi calon anggota legislatif (caleg) pendatang baru yang langsung naik daun. Pasalnya, pemuda usia 23 tahun ini berhasil mendulang suara tertinggi dalam kontestasi Pemilu 2024 kemarin.

Bahkan, kader muda PDIP Kabupaten Kediri ini mengungguli raihan suara tiga petahana lain pada Pemilu di daerah pilihan (dapil) 4 meliputi Kecamatan Plosoklaten, Wates dan Ngancar.

Dari pantauan laman resmi pemilu2024.kpu.go.id yang dikutip ketik.co.id, pada Senin 26 Februari 2024 pukul 12.30 WIB, pemuda asal Desa Ploso Kidul Kecamatan Plosoklaten itu meraih 10.241 suara. Disusul tiga nama caleg petahana lain, Danang Saputro dengan 9.085 suara, Neno Nestira 7.038 dan Ruakhila Diniyah 7.012 suara. Data perolehan suara tersebut diperbarui pada 24 Februari 2024 pukul 22.30 WIB, dengan progres 596 dari 638 TPS (Tempat Pemungutan Suara) atau setara 93.42 persen. Artinya, perhitungan hasil tersebut sedikit lagi akan selesai.

"Saya berterima kasih kepada teman-teman yang sudah berjuang bersama-sama, untuk Dapil 4 ini insyaallah kita (PDIP - red) amankan 2 kursi," kata Mas Reval sapaan akrabnya, usai dikonfirmasi, Senin (26/2/2024) siang.

Reval Pradana adalah wajah baru di peta politik Kabupaten Kediri. Dia juga tercatat sebagai caleg termuda yang ada di wilayah Kabupaten Kediri. Namun kehadirannya langsung memberi warna baru. Dengan perolehan suara tertinggi itu, pemuda lulusan S1 Hukum Uniska Kediri ini otomatis akan melenggang bebas ke Gedung DPRD Kabupaten Kediri bersanding dengan Danang Saputro. "InsyaAllah kita mendapatkan kursi, tapi tetap semuanya kita tunggu hasil resmi dari KPU dulu," terangnya.

Dalam proses kampanye kemarin, Mas Reval mengaku sudah memasang target tinggi untuk perolehan suara partainya. Dia menargetkan PDIP masuk unsur pimpinan di DPRD Kabupaten Kediri. Ternyata Mas Reval mampu membuktikannya pada Pemilu 2024 ini.

Reval menyebut, alasan utama masuk ke dunia politik adalah agar bisa menyuarakan aspirasi anak muda, terutama para milenial dan Gen Z. Mas Reval menceritakan dalam perjalanan ke desa-desa sewaktu kampanye, banyak ditemui anak muda dengan semangat kerja di bidang pertanian, peternakan maupun sektor UMKM yang butuh bantuan modal serta pelatihan mumpuni. Program tersebut lanjut Reval bisa diberikan salah satunya apabila sinergi antara pemerintah daerah hingga ke bawah berjalan dengan tepat sasaran.

"Kita keliling di 43 desa yang ada di tiga kecamatan, banyak sekali masukan dari anak muda, mungkin bisa dibilang saya nanti akan mewakili dan penyambung suara anak muda utamanya Gen Z," paparnya.

Sementara itu, dengan terjun di bidang politik ini, menurut Reval adalah seni dalam mengambil keputusan untuk kemaslahatan umat banyak. Seni untuk mengelola sumber daya guna mencapai tujuan bersama. Tiga bidang fokus yang nanti akan di bawa ke Gedung DPRD Kabupaten Kediri baginya adalah UMKM, kepemudaan dan Desa Wisata.

Menurutnya, dengan politik ini sebuah kebijakan bisa menentukan arah kebijakan bangsa. "Yang lagi viral di sini adalah adanya Bandara Dhoho Kediri, maka nanti kita akan maksimalkan juga sektor desa wisatanya, diharapkan perputaran ekonomi masyarakat bisa meningkat, serta biar nanti menjadi ruang-ruang usaha bagi anak muda," tutup pemuda dengan usaha barang bekas ini. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Reval Pradana Putra caleg muda Kediri gen z Kediri DPRD Kediri kediri pemilu2024 Pendatang baru Caleg PDIP Uniska Kediri bandara Dhoho Kediri