Tanpa Sekat, Istri Mendiang Gus Dur Bukber dengan Ratusan Warga Bondowoso

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Muhammad Faizin

28 Maret 2024 02:14 28 Mar 2024 02:14

Thumbnail Tanpa Sekat, Istri Mendiang Gus Dur Bukber dengan Ratusan Warga Bondowoso Watermark Ketik
Ny Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid (tengah) bersama Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto saat membuka acara buka bersama di Pendopo Kabupaten (Foto: Ari Pangistu / ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Ny Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Istri Presiden RI ke 4, menggelar buka puasa bersama dengan ratusan masyarakat Bondowoso, pada Rabu (27/3/2024). 

Masyarakat dari berbagai kalangan duduk tanpa sekat bersama istri Gus Dur itu di Pendopo Kabupaten. 

Berbagai menu dagangan pelaku UMKM, mulai dari bakso, soto lamongan, nasi campur dan lainnya disajikan gratis untuk masyarakat. 

Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto menyambut kedatangan istri Gus Dur tersebut.

Dirinya mengaku bersyukur atas kehadiran Ibu Sinta, karena ia memiliki kekaguman luar biasa. Terutama pada sosok Gus Dur, sebagai tokoh pluralisme. 

"Gus Dur adalah salah satu tokoh Prulalisme yang sangat saya idolakan," tegasnya.

Sementara itu Michelle Setiawan Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), mengaku sangat berbangga hati atas kehadiran istri mendiang Gus Dur. 

Dia menceritakan Bondowoso yang begitu banyak perbedaan tetapi  itu indah. Sebagaimana disampaikan ibu Shinta keberagaman jangan dibuat repot. Tapi, buatlah indah dan simple saja. 

"Kebersamaan, kebersatuan adalah indah. Keberagaman jangan dibikin repot tapi dibikin indah simpel saja," katanya menirukan sambutan Ibu Sinta. 

Ia sendiri mengaku sangat senang di Bondowoso tak pernah ada benturan signifikan antar umat beragama. 

"Meski ada sedikit persoalan, temen-temen Ansor, Gusdurian, KAHMI bisa mengatasi dengan baik. Bukan karena mereka cari panggung  tapi karena rasa kepedulian," tukasnya.

Ketua PC GP Ansor Luluk Haryadi menambahkan bahwa rasa toleransi umat beragama di Bondowoso perlu dijadikan contoh daerah lain.

"Kebersamaan yang guyub, rukun, dan damai ini hanya ada di Bondowoso," pungkasnya.

Untuk informasi, kegiatan yang selalu diselanggarakan tiap tahun (kecuali masa Covid-19) tersebut diselenggarakan oleh GP Ansor, Gus Durian, PSMTI, dan didukung oleh Pemkab Bondowoso dalam hal ini adalaah Bagian Kesra. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso Gusdurian Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid Pj Bupati Bondowoso Bambang soekwanto Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia Ansor Ramadan Buka bersama Bukber