Sempat Terasa Mustahil, Inilah Beberapa Penemuan Teknologi yang Membawa Perubahan di Kehidupan Manusia

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

31 Desember 2023 13:15 31 Des 2023 13:15

Thumbnail Sempat Terasa Mustahil, Inilah Beberapa Penemuan Teknologi yang Membawa Perubahan di Kehidupan Manusia Watermark Ketik
Ilustrasi AI. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Di era perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini kita seringkali disuguhi oleh berbagai penemuan terbaru yang memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Bahkan beberapa diantaranya terlihat mustahil untuk diwujudkan.

Akan tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, penemuan yang dirasa mustahil tersebut ternyata dapat diwujudkan dan akhirnya memberikan manfaat yang luar biasa bagi umat manusia.

Berikut ini adalah beberapa penemuan muktahir yang berhasil mengubah kebiasaan hidup manusia dengan menawarkan beragam kemudahan, yang dulunya dirasa mustahil untuk diwujudkan.

1. Artificial intelligence 

Artificial intelligence (AI) atau yang biasa disebut dengan kecerdasan buatan bisa dibilang merupakan salah satu penemuan terbesar yang membawa beragam manfaat bagi umat manusia.

AI sendiri memiliki kemampuan untuk mengolah dan menganalisis data dalam jumlah besar dan bisa memberikan solusi cerdas untuk masalah kompleks. Saat ini beragam alat maupun aplikasi smartphone banyak yang menggunakan AI untuk menunjang kinernya mereka.

2. Autonomous car

Autonomous car merupakan mobil otomatis yang dikendalikan dari jarak jauh atau dengan AI. Mobil ini tidak memiliki pengendara dan berpotensi mengubah sistem transportasi yang menggerakkan masyarakat sehari-hari.

Cara kerja autonomous car adalah dengan memanfaatkan sensor, radar, dan kamera yang membuat mobil mampu mengidentifikasi lingkungan sekitar secara real-time. Ini juga menjadi salah satu implementasi dari AI yang bisa membuat mobil membuat keputusan dan respon yang cepat tanpa pengemudi.

3. Ojek online

Bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi pasti sudah tidak asing dengan ojek online atau biasa disingkat ojol. Ojol merupakan salah satu penemuan besar yang berhasil mengubah kebiasaan transportasi di masyarakat. Aplikasi ini menawarkan pengguna kemudahan untuk sarana transportasi tanpa harus menunggu transportasi umum seperti bis maupun taksi.

Selain jasa transportasi ojol juga menawarkan beragam jasa lainnya seperti pengantaran barang dan pemesanan makanan.

Foto Smartphone layar lipat. (Foto: Pexels)Smartphone layar lipat. (Foto: Pexels)

4. Smartphone layar lipat

Walaupun masih tergolong teknologi yang baru, namun saat ini sudah banyak orang yang familiar dengan smartphone layar lipat. Padahal beberapa tahun lalu teknologi ini seperti mustahil untuk diwujudkan, karena layar biasanya terbuat dari benda yang solid.

Namun setelah melakukan beragam penelitian, akhirnya ditemukan teknologi layar fleksibel yang bisa dilipat. Sehingga muncullah produk baru smartphone layar lipat.

5. Marketplace

Munculnya marketplace beberapa tahun lalu, akhirnya mengubah kebiasaan masyarakat dalam berbelanja. Dengan hadirnya marketplace membuat masyarakat tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang.

Mereka hanya perlu memainkan jarinya sembari memilih aneka produk di marketplace dan kemudian barang tersebut dikirim langsung ke rumah pembeli. 

Aneka barang tersedia mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan untuk memenuhi kesenangan pribadi. Apa lagi hadirnya pilihan pembayaran cashless yang membuat transaksi jual-beli jauh lebih mudah.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi perubahan kebiasaan manusia AI Smartphone layar lipat marketplace autonomous car