Satgas Pramuka Peduli Kab Bandung Ikut Terjun Bantu Korban Terdampak Gempa Kertasari

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

27 September 2024 08:10 27 Sep 2024 08:10

Thumbnail Satgas Pramuka Peduli Kab Bandung Ikut Terjun Bantu Korban Terdampak Gempa Kertasari Watermark Ketik
Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung, Emma Dety Permanawati saat membantu warga terdampak gempa di Kertasari. (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung, Emma Dety Permanawati menyatakan pihaknya sudah menerjunkan pasukan Satgas Pramuka Peduli ke lokasi gempa Kertasari untuk memberikan bantuan sejak Sabtu (21/9/24) lalu.

Rombongan dipimpin Ketua Kwarcab Kabupaten Bandung itu mengunjungi lokasi gempa di tiga titik lokasi terdampak  yaitu Desa Cihawuk, Desa Neglasari dan Desa Cikembang.

Kak Emma juga meninjau lokasi rumah dan sarana ibadah yang terdampak, sehingga mendapatkan gambaran yang jelas tentang  situasi lokasi terdampak untuk menjadi bahan pertimbangan bagi Kwarcab Pramuka Kab Bandung mengambil keputusan dalam penanganan dan  penanggulangan bencana.

Kak Emma Dety menyebut Pramuka sudah melakukan trauma healing bagi anak-anak terdampak gempa, membantu pembersihan puing-puing bangunan dan sekolah yang rusak sampai bantuan donasi dana. Trauma healing yang dilakukan Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Kab Bandung dilakukan kepada anak-anak terdampak di kawasan SDN Puncakmulya Desa Cihawuk

"Kwarcab juga sudah menginstruksikan agar kwaran bisa mendonasikan Bumbung Peduli-nya dan menyalurkan bantuan ala kadarnya. Kita juga akan melihat kondisi di lapangan atau lokasi bencana seperti apa. Kita fokuskan membantu anak-anak terdampak lebih dahulu dengan program trauma healing dan pemberian paket makanan," jelas Emma, seusai membuka Bimbingan Teknis Manajemen Organisasi Kepramukaan, di Sutan Raja Soreang, Kamis (26/9/2024).

Selain menyerahkan bantuan bingkisan makananan kepada para pelajar, Kak Emma juga memberikan semangat kepada para korban sambil bermain bersama dengan anak-anak agar tetap ceria.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pramuka pramuka kab bandung gempa gempa kertaari emma dety