Kerja Sama dengan Lesaffre Sari Nusa, SMAN 1 Gondanglegi Ciptakan Roti Berkualitas Internasional

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Gumilang

26 September 2024 19:16 26 Sep 2024 19:16

Thumbnail Kerja Sama dengan Lesaffre Sari Nusa, SMAN 1 Gondanglegi Ciptakan Roti Berkualitas Internasional Watermark Ketik
Poerwanto Poetro bersama seorang siswi dan Yulya Anggarita trainer tata boga SMAN 1 Gondanglegi memerkan salah satu produk cinnamon rolls buatan para siswa tata boga (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Program SMA Double Track tak hanya sukses mencetak para pengusaha muda berbakat. Namun, program bentukan Dinas Pendidikan Jawa Timur bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini berhasil menghasilkan produk-produk berkualitas siap bersaing. Salah satunya produk SMAN 1 Gondanglegi.

Para siswa keterampilan tata boga SMAN 1 Gondanglegi berhasil menciptakan produk pastry. Bekerja sama dengan perusahaan asal Prancis PT Lesaffre Sari Nusa, mereka bisa belajar memproduksi roti berkualitas internasional yang laris di pasaran.

“Kami memberikan wawasan dan skill pembuatan roti  modern yang bisa masuk di pasar dengan kualitas se-level internasional,” terang Poerwanto Poetro, External Relation PT Lesaffre Sari Nusa pada Ketik.co.id, Rabu, 25 September 2024.

Poerwanto menjelaskan kerja sama ini dalam rangka meningkatkan keterampilan tata boga para siswa SMAN 1 Gondanglegi. Pihaknya mengajarkan pembuatan roti dengan mendatangkan Chef Pastry asal Sidoarjo, Siti Mujiah.

“Basic perusahaan kami produsen ragi roti level internasional. Jadi kami mengajarkan ke mereka cara membuat roti level hotel dan café,” lanjutnya.

Tahun ini adalah tahun pertama pihaknya menjadi mitra dunia usaha dan industri (dudi) SMAN 1 Gondanglegi. Dari kerja sama ini, 30 siswa tata boga berhasil memproduksi roti berkualitas tinggi seperti cinnamon rolls, bomboloni dan bakpao.

“Waktu itu anak-anak memproduksi roti donat dengan teknis tertentu. Semacam roti bakpao tapi kayak buah jeruk, ada juga Cinnamon Rolls. Ini semua sudah dipraktekkan sama mereka dan dibisniskan,” ungkap Poerwanto.

Lebih dalam, dia menceritakan awalnya para siswa praktek membuat roti dengan peralatan sederhana, seperti oven kompor dan mixer. Sekarang, kepala sekolah memberikan fasilitas lengkap, mulai dari oven listrik hingga mixer listrik berkapasitas besar.

“Sudah dibelikan kepala sekolah alat-alatnya, karena memang anak-anak ini ada progres pesat. Produk-produknya sudah dijual di luar sekolah,” sambungnya.

Hal sama disampaikan Yulya Anggarita, trainer tata boga sekaligus guru matematika SMAN 1 Gondanglegi. Berkat menjalin kerja sama Lesaffre, para siswa bisa memiliki alat-alat lengkap seperti mixer khusus roti, microwave, oven kapasitas besar sekitar 5 kg dan lain-lain.

“Kami mendapat modal dari sekolah alat-alat mumpuni. Tentu senang sekali, itu berkat kami kerja sama dengan Lesaffre,” ungkap Yulya. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

SMAN 1 Gondanglegi PT Lesaffre Sari Nusa SMA Double Track Dinas Pendidikan Jatim ITS